SD Negeri 4 Upayakan menjadi SD Bertaraf Internasional


Humas – Pandeglang (06/02)

PRESS RELEASE :

SD Negeri 4 Pandeglang Upayakan menjadi SD yang bertaraf Internasional melalui Program Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI)

Sosialisasi Program RSDBI

PANDEGLANG, Keberadaan Sekolah Dasar Negeri 4 akan terus berupaya menjadi Sekolah Dasar yang bertaraf Internasional, hal ini terungkap saat acara Sosialisasi Program Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI) yang dilaksanakan Sekolah Dasar Negeri 4 Pandeglang di Aula PKPRI Pandeglang, Sabtu (06/01). Hadir dalam acara tersebut Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, Kepala Dinas Pendidikan Undang Suhendar,  Kepala Sekolah SDN 4 Pandeglang Ujang Kaharudin, Guru-guru SDN 4 dan Orang Tua Siswa SD Negeri 4 Pandeglang.

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas No, 863/C.2/KP/2009 tentang Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (RSDBI), bahwa mulai tahun 2009 SD Negeri 4 Pandeglang telah ditetapkan sebagai salah satu Rintisan Sekolah Dasar Bertaraf Internasional di Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten.

Konsep Sekolah Dasar Bertaraf Internasional (SDBI) adalah sekolah dasar yang telah memenuhi seluruh aspek Standar Nasional Pendidikan (SNP), baik Standar Isi, Process Kompetensi Lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan, Pembiayaan dan Penilaian serta merupakan kekuatan, pengayaan, pengembangan, perluasan, pendalaman kemampuan yang diyakini diperlukan untuk bekal hidup dalam pergaulan internasional.

Sesuai dengan Pendidikan Nasional maka tujuan SDBI adalah untuk meningkatkan keprofesionalan satuan pendidikan sebagai pusat pemberdayaan Ilmu Pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai berdasarkan Standar Nasional dan Wawasan Internasional. ”Prodesur Penetapan RSDBI adalah melalui Tim Verifikasi Direktorat Pembinaan TK dan SD Depdiknas dan hal menjadi bahan kajiannya adalah Lokasi Calon Sekolah yang diajukan atau ditunjuk, Ketersediaan lahan untuk pengembangan fasilitas utama dan fasilitas penunjang. Ada dua kemungkinan sebuah Sekolah Dasar menjadi bertaraf nasional diantaranya adalah melalui Model Sekolah Baru (Newly Developed School) yaitu SDBI didirikan dengan kondisi yang baru sama sekali dengan segala isinya. Asumsi untuk menjadikan Sekolah Bertaraf Internasional, mulai dari Siswa Kurikulum, Guru, Kepala Sekolah, Sarana dan Prasarana dsb. Dan hal kedua adalah Model Pengembangan Sekolah yang sudah ada (Existing Developed School) yaitu SDBI dapat dilakukan dengan mengembangkan sekolah yang sudah ada, khususnya sekolah dasar yang telah memenuhi seluruh Standar Nasional” demikian disampaikan oleh Kepala Sekolah Dasar Negeri 4 Pandeglang Ujang Kaharudin saat menyampaikan paparannya.

”Untuk menuju ke arah sana, maka kami telah melaksanakan beberapa program diantaranya Rehabilitasi ruang laboratorium bahasa dan komputer, Pembuatan Identitas RSDBI, Pengembangan Sarana Laboratorium Bahasa dan Komputer Multimedia. Dan Program yang saat ini sedang dilaksanakan adalah Pembangunan Ruang Laboratorium Bahasa dan Komputer serta pembangunan Ruang Laboratorium IPA sedangkan program yang akan kami laksanakan kedepan adalah Program peningkatan mutu siswa melalui kegiatan Intra dan Ektrakurikuler” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan ”Pihak Pemerintah Daerah menyambut baik dan sangat meng-apresiasi atas terpilihnya SDN 4 Pandeglang menjadi salah satu SD yang melaksanakan RSDBI, ini mudah-mudahan menjadi Pilot Project dan dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lain, keberhasilan program ini tentunya harus terus didukung oleh semua stakeholder yang terlibat dalam pengembangan pendidikan di daerah. Di era kompetitif ini sudah saatnya kita mengembalikan pendidikan pada fungsinya, saya menghimbau agar program-program pendidikan tidak lagi ditumpangi oleh kepentingan-kepentingan lain diluar kepentingan pendidikan. Mari kita dukung Program-program Pendidikan  untuk mencetak generasi-generasi muda yang berkualitas di Pandeglang” tuturnya. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

5 Balasan ke SD Negeri 4 Upayakan menjadi SD Bertaraf Internasional

  1. maharani putri berkata:

    salut buat sd 4 ku tercinta

  2. Ainunnisa berkata:

    Yapz,, qu salut bgd ma SD 4,,
    cayo ea SD 4 qu trcinta..

  3. oki berkata:

    salu we ga salah milih sd 4 paling yg di cintai

  4. Walaupun aku sudah menjadi alumni SDN PANDEGLANG 4 tapi SD masih tegiang di dalam otak ..
    I LOVED RSBI SDN PANDEGLANG 4

  5. azka rizkia ms s berkata:

    SDN PANDEGLANG 4 emang okk….!!!! dechhh…,, aku nggak slh milih sekolah…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s