Mari kita ber-Internet dengan Etika


Pandeglang (16/04)

”Mari kita ber-Internet dengan Etika”


PANDEGLANG, Baru-baru ini Departemen Komunikasi dan Informatika RI melalui Badan Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung menerbitkan sebuah buku yang berisi Penerapan Teknologi Media Masa. Ada satu hal yang menarik dari buku tersebut berkaitan dengan pemanfaatan Internet sebagai media informasi dan komunikasi masa.

Kemunculan Teknologi Internet telah mengubah cara dan budaya berkomunikasi generasi saat ini. Cara berkomunikasi di dunia maya yang dapat melewati batas geografis dan waktu serta mempunyai dampak di kehidupan nyata, membuat keharusan adanya netiquette dan cyberlaw. Etika dan Hukum yang diasosiasikan dengan internet harus diketahui, dipahami dan diterapkan oleh masyarakat khususnya pengguna internet yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.

Seperti yang didiskusikan dalam suatu forum online mengenai CMC (Computer Mediated Communication), dalam berkomunikasi melalui internet, terdapat dua atribut psikologi dasar mengenai komunikasi di dunia maya, yaitu kelenturan identitas dan kelenturan waktu. Komunikasi tanpa pertemuan fisik yang menggunakan teks tertulis, memberi peluang yang luas bagi komunikan untuk mempresentasikan dirinya di dunia maya, secara penuh atau sebagian saja dengan menggunakan suatu identitas digital atau identitas online. Kebebasan ini menyebabkan adanya suatu kelenturan identitas seseorang yang berkomunikasi dan berinteraksi di dunia maya. Komunikan menyembunyikan identitas dilakukan untuk kenyamanan sehingga komunikan dapat menjadi lebih jujur atau terbuka dalam berkomunikasi dibanding dengan berkomunikasi face to face.

Synchronous Communication, yaitu cara berkomunikasi yang dilakukan secara real time, pada saat yang sama kedua belah pihak berada didepan komputer saat komunikasi berlangsung, misalnya chatting.

Sedangkan asynchronous communication, tidak mengharuskan kedua belah pihak berkomunikasi berada pada waktu yang sama, misalnya email, blog dan group.

Bentuk komunikasi tersebut dapat membuat kelenturan waktu, karena lawan bicara dalam CMC (Computer Mediated Communication) dapat merespon lebih lama daripada berkomunikasi lewat face to face. Misalnya dalam berkomunikasi melalui email, penerima tidak diharuskan membalas email segera setelah email diterima. Kelenturan ini memberi kesempatan komunikan untuk berfikir, mencerna dan merangkai kata untuk menjawab  pesan tersebut. Kedua unsur ini dapat mempengaruhi cara atau budaya berkomunikasi yang menggunakan Teknologi Informasi sebagai medianya.

Interaksi dan berkomunikasi melalui internet yang dahulu hanya terbatas pada komunitas tertentu telah berkembang sangat luas dan secara umum dan digunakan oleh banyak orang. Perubahan cara atau budaya berkomunikasi di dunia maya membuat keharusan adanya suatu etika dalam berkomunikasi.

Etika didefinisikan sebagai Code Of Behaviour, norma-norma interaksi sosial yang berlaku dalam suatu masyarakat. Etika dalam Internet disebut sebagai Nettiquette atau Network Ettiquette, suatu perangkat aturan konversi sosial yang memfasilitasi interaksi melalui jaringan.

Terdapat beragam etika internet yang dibuat oleh masing-masing komunitas di internet, Virginia Shea, dalam bukunya NETTIQUETTE merangkum aturan-aturan inti ini, sebagai berikut :

  • Rule 1 : Remember The Human

Dalam berkomunikasi secara elektronik melalui internet, harus selalu diingat bahwa lawan bicara kita juga sesama manusia. Oleh karena itu sebaiknya menghindari kata-kata yang ofensif dan sebaiknya berkomunikasi cyberspace dilakukan seakan-akan kita berhadapan langsung dengan lawan komunikasi kita di kehidupan nyata.

  • Rule 2 : Adhere to the same standards of behaviour online that you follow in real life.

Menyesuaikan standar yang sama dalam berperilaku online dengan yang diikuti di kehidupan nyata. Etiket yang berlaku didalam kehidupan nyata juga harus selalu diterapkan dalam berperilaku secara elektronik, dan menghindari aksi-aksi melanggar hukum serta perbuatan illegal.

  • Rule 3 : Know where you are in cyberspace

Beberapa forum atau mailing list di Internet dibuat oleh komunitas tertentu yang mempunyai aturan tertentu. Oleh karena itu, pengguna internet harus selalu mengetahui sedang di wilayah mana mereka berada dalam cyberspace.

  • Rule 4 : Respect other people’s time and bandwith

Saat ini, karena semakin banyak informasi yang harus diserap oleh setiap orang, maka semakin sulit waktu yang dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam berpartisipasi disuatu forum internet, group diskusi internet, mailing list. Berfikirlah dua kali sebelum memposting informasi untuk forum tersebut, apakah forum tersebut benar-benar memerlukan informasi yang akan kita sampaikan.

Sedangkan bandwidth adalah besarnya kapasitas saluran untuk membawa informasi yang menghubungkan setiap orang di cyberspace. Dengan mengirim informasi yang berulang melalui internet, dapat membuang waktu dan bandwidth orang lain. Sebaiknya menghemat dan menggunakan bandwidth untuk hal-hal yang bermanfaat.

  • Rule 5 : Make yourself look good online

Didalam suatu forum group diskusi di internet, umumnya partisipan adalah orang-orang yang belum pernah bertemu sebelumnya. Oleh sebab itu, anggota forum tidak dinilai berdasarkan penampilan fisik, namun akan dinilai dari kualitas tulisan yang diposting. Disamping itu, anggota suatu forum harus memperhatikan konten yang akan disampaikan, selalu memeriksa fakta, serta mempertahankan kejelasan dan kelogisan informasi sebelum memposting informasi tersebut. Kesopanan dan keramahan dengan tidak menggunakan bahasa yang kasar juga merupakan faktor yang penting yang tidak boleh ditinggalkan dalam berkomunikasi melalui internet.

  • Rule 6 : Share expert knowledge

Membagi pengetahuan merupakan hal yang positif di internet. Jumlah pengguna internet yang besar merupakan keuntungan untuk saling berbagi pengetahuan. Banyaknya pengguna internet yang memposting berbagai sumber referensi dan membagi pengetahuannya di internet dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang membutuhkannya.

  • Rule 7 : Help keep flame wars under control

Flamming diartikan sebagai menyatakan suatu pendapat atau opini tanpa menahan emosi, sehingga mengundang banyak orang untuk meresponnya. Flamming sudah menjadi tradisi di Internet, namun perang flame yang terus menerus bukanlah nettiquette yang baik.

  • Rule 8 : Respect other people’s privacy

Tidak menghormati privasi orang lain merupakan nettiquette yang buruk dan juga dapat merugikan diri sendiri.

  • Rule 9 : Don’t abuse your power

Sebagian orang di Internet mempunyai kekuasaan yang lebih daripada orang lain, seperti misalnya para ahli dibidangnya sebagai administrator. Mengetahui lebih banyak dan mempunyai kekuasaan yang lebih dari orang lain tidak memberi hak untuk mengambil keuntungan dari kekuasaan tersebut.

  • Rule 10 : Be forgiving of other people’s mistakes

Setiap orang dapat melakukan kesalahan dan setiap orang pernah menjadi pemula di Cyberspace. Tidak perlu mengatakan apapun jika mereka melakukan kesalahan kecil. Jika dirasakan perlu mengkoreksi kesalahan lebih baik dilakukan dengan sopan atau melalui email pribadi daripada secara publik. Berikan kesempatan untuk mengutarakan argumennya dan tidak perlu arogan dalam menanggapinya.

Dengan pertumbuhan pengguna internet yang sangat besar, internet telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari khususnya sebagai salah satu cara berkomunikasi. Internet telah mempengaruhi cara berkomunikasi sehingga akan mempunyai dampak yang nyata didalam masyarakat. Dalam menggunakan internet sebagai media komunikasi, pengguna internet harus memperhatikan etika di dunia maya atau nettiquette dalam berinteraksi dengan orang lain…… (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s