Temu Bisnis Prospek Pembangunan di Kabupaten Pandeglang


Humas – Pandeglang (09/04)

“Temu Bisnis Prospek Pembangunan di Kabupaten Pandeglang”


PANDEGLANG, Ditengah-tengah pelaksanaan Pameran Pembangunan dan Gelar Potensi dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Pandeglang ke-136, Panitia Hari Jadi Kabupaten Pandeglang bekerjasama dengan CV. Arga Pratama mengadakan Temu Bisnis dengan thema ”Prospek Pembangunan Kabupaten Pandeglang 2010-2029, Peluang Investasi dan Pemberdayaan Masyarakat” di Oproom II Sekretariat daerah Kabupaten Pandeglang, hari Rabu (07/04) yang lalu.

Menurut Harry Setiawan, kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menggalang kemitraan dalam mencipatakan iklim kerjasama investasi dan bisnis di Kabupaten Pandeglang. Peserta yag hadir merupakan tokoh-tokoh yang memang berpengalaman dalam bisnis baik skala global maupun lokal daerah, termasuk Unsur Pejabat-pejabat Pemerintah Daerah baik Kabupaten maupun Provinsi. ”Kami juga mengundang beberapa perwakilan LSM maupun Perguruan Tinggi di Pandeglang, dengan tujuan agar pembahasan materinya lebih komprehensif dan melibatkan semua unsur stakeholder yang ada” ujarnya.

Beberapa Narasumber yang memaparkan materinya antara lain Staf Ahli Gubernur Banten Bidang Pengembangan Kawasan Drs, Turmuzi, Assisten Bidang Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Pandeglang Ir. Purwadi W. MM, Kepala Dinas Tata Ruang dan Pertamanan Kabupaten Pandeglang Ir. D. Hasahatan, S. MM, Dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten DR. Dirlanudin M.Si.

Assisten Bidang Perencanaan dan Pembangunan Kabupaten Pandeglang Ir. Purwadi W. MM, dalam paparannya mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang telah mengidentifikasi Kawasan-kawasan Pengembangan baik Kawasan Perkotaan maupun Kawasan Potensial. Kawasan Perkotaan meliputi Kota Pandeglang, Kota Labuan, Kota Panimbang, Kota Menes dan Kota Sumur. Sedangkan Kawasan Potensial meliputi Kawasan Pariwisata, Kawasan Pengembangan Budidaya Pantai dan Laut serta  Kawasan Pengembangan Pelabuhan. Sedangkan Kawasan Pengembangan Kawasan Komersial dan Industri Penunjang Pertanian dan Pariwisata meliputi Kawasan Pengembangan Perkebunan dan Kawasan Pertambangan. Ada beberapa Identifikasi Kawasan Potensi Investasi yang dapat dikembangkan, diantaranya Investasi di Bidang Pertanian, Investasi di Bidang Pariwisata, Investasi di Bidang Perumahan Skala Besar, Investasi di Bidang Perikanan dan Budidaya laut, Investasi di Bidang Industri Kecil, Menengah dan Industri Prospektif, Investasi di Bidang Perdagangan dan Jasa, Investasi Pengembangan Bandara Banten Selatan, Investasi di Bidang Transportasi Kereta Api dan Investasi di Bidang Transportasi Jalan Tol.

Kepala Dinas tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan dalam paparannya mengemukakan bahwa Kabupaten Pandeglang yang mempunyai potensi yang cukup banyak sangat mungkin untuk dikembangkan. Potensi-potensi Objek Wisata Alam yang dimilikinya akan menjadi daya tarik investor untuk mengembangkan usahanya di Pandeglang, selain itu Pandeglang juga ditunjang oleh potensi PLTU Labuan yang sekarang sudah mulai beroperasi, Tambang Emas, Pertanian dan Perkebunan serta terdapatnya beberapa perguruan tinggi yang terdapat di Kecamatan Menes dan Pandeglang. Sedangkan kegiatanr encana Pengembangan Infrastruktur diantaranya adalah Bandar Udara Banten Selatan, Jalan Tol (Balaraja-Rangkasbitung-Panimbang), Pelabuhan Regional dan Pelabuhan Ikan. Lokasi Kabupaten Pandeglang yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta dan Pulau Sumatera diyakini mampu memberikan peluang yang cukup besar untuk mendorong kegiatan Investasi ujarnya.

Sementara itu Dirnaludin dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Umum dalam paparannya mengatakan bahwa masih terdapat kendala dalam pengembangan iklim bisnis di Kabupaten Pandeglang diantaranya adalah belum tumbuhnya pengembangan wirausaha atau usaha kecil, masih terbatasnya jaringan bisnis, dukungan kebijakan yang belum mendukung terciptanya iklim bisnis yang kondusif dan realistis, promosi yang dilakukan keluar dalam menjaring investor masih belum maksimal serta keterbatasan sarana dan prasarana terutama infrastruktur yang buruk, hal ini tentunya harus dicarikan solusinya guna mendukung iklim bisnis yang sehat di Kabupaten Pandeglang ujarnya.

Dari hasil diskusi yang berkembang dalam temu bisnis ini terungkap bahwa perlu adanya Rencana Tindak Lanjut dari Pengembangan Investasi di Kabupaten Pandeglang yang dilakukan hal-hal sebagai berikut : Perlunya payung hukum dalam bentuk pengaturan ruang dengan mentaati Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, berikut Peraturan Pendukungnya termasuk RTRW Provinsi Banten dan RTRW Kabupaten Pandeglang serta Perlunya sinkronisasi dengan Rencana Jangka Panjang dan Jangka Menengah Daerah (RPJP dan RPJM Daerah). Selain itu Pemda Pandeglang juga harus segera menyusun dokumen Perencanaan secara berjenjang dan menyiapkan indikasi program sehingga pembangunan dapat berjalan dengan kebutuhan dan memiliki kesamaan langkah, segera membentuk Tim Percepatan Pembangunan dan menindaklanjuti pemfungsian lahan-lahan tidur menjadi lahan potensial. Segera menyusun strategi kerjasama Pemerintah Daerah dan swasta dalam mengembangkan potensi skala besar guna mengoptimalkan potensi yang ada dan dapat dikelola sedini mungkin. Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang diharapkan melibatkan Pengusaha Daerah guna mendukung pemantapan keahlian dan pengalaman dalam menangani Proyek Skala Besar dan mengurangi ketergantungan Pengusaha Daerah terhadap proyek-proyek APBD. Perlu dilakukan pembinaan secara berkala dan memperbanyak kegiatan Workshop dan temu bisnis yang berkelanjutan dan sekaligus menjadikan ajang kerjasama dan membentuk Badan Pengembangan Potensi Daerah dengan melibatkan Tenaga Ahli dan Nara Sumber dari berbagai kalangan. (iim-humas)

——- kembali ke halaman depan ——-

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 Balasan ke Temu Bisnis Prospek Pembangunan di Kabupaten Pandeglang

  1. Thomas berkata:

    AYO Pandegralng….majulah….dalam semua bidang!

  2. saiful rachman berkata:

    acara hut kota pandeglang meriah dan full acara.. buktinya stand kita dari Perusahaan MBk Powder bisa berpartisipasi kedalam acara tersebut.. sukses dan tambah berkah kota pandeglang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s