Pembangunan Infrastruktur menjadi topik bahasan yang intens pada acara Musrenbang Kabupaten Pandeglang


Humas – Pandeglang (08/04)

“Pembangunan Infrastruktur menjadi topik bahasan yang intens pada acara Musrenbang Kabupaten Pandeglang”

PANDEGLANG, Tema pembangunan Kabupaten Pandeglang untuk tahun 2011 adalah dengan mengupayakan terwujudnya Pembangunan Infrastruktur untuk percepatan peningkatan Perekonomian Daerah, hal ini terungkap saat Pembukaan Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan RKPD Kabupaten Pandeglang yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pandeglang hari Kamis (08/04).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Banten Widodo Hadi, Unsur Muspida Kabupaten Pandeglang, Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Endjang Sadina, Para Assiten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kepala Desa, Alim Ulama, Perguruan Tinggi, Tokoh Masyarakat, LSM dan Unsur Pemuda.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu hari ini, dalam pembahasan akan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Bidang Sosial, Bidang Sosbud dan Bidang Fisik. Pembahasan Bidang Sosbud akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Pembahasan Bidang Fisik dilaksanakan di Oproom 3 dan Pembahasan Bidang Ekonomi dilaksanakan di Oproom 2.

Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelaksanaan Musrenbang RKPD adalah merupakan Implementasi dari amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang dilaksanakan setiap tahun sebagai forum stakeholder yang ditujukan untuk membahas secara inklusif terhadap Rancangan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pandeglang Tahun 2011 dalam upaya meningkatkan konsistensi dan sinkronisasi antara fungsi, urusan Pemerintahan, Program dan Kegiatan ujarnya.

”Dokumen RKPD merupakan Dokumen Perencanaan Pembangunan Tahunan di Daerah yang akan dituangkan dalam Peraturan Bupati, selanjutnya akan menjadi rujukan utama dalam penyusunan RAPBD Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2011”lanjutnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Banten Widodo Hadi dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kerangka Perencanaan Pembangunan Nasional, Musrenbang RKPD merupakan salah satu tahapan dari berbagai tahapan Musrenbang yang berjenjang pada semua level pemerintahan, baik Pusat maupun Daerah. Semua tahapan tersebut dimaksudkan agar Perencanaan Pembangunan dapat dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan partisipasi dari semua komponen stakeholder melalui pemaduserasian seluruh mekanisme perencanaan mulai dari perencanaan yang bersifat Top Down Planning yang dipadukan dengan Horizontal Planning serta Bottom Up Planning ujarnya.

Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan bahwa Pelaksanaan Pembangunan Kabupaten Pandeglang pada tahun 2011 dihadapkan pada beberapa isu strategis yaitu Kemiskinan dan kesenjangan sosial, Keterbatasan Infrastruktur dan degradasi kualitas lingkungan hidup, pendidikan dan kesehatan, belum optimalnya pengembangan ekonomi daerah dan masyarakat serta tata kelola Pemerintahan yang baik dan bersih tuturnya.

”Pada tahun 2011 Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut melalui membangun dan memelihara jalan, jembatan dan irigasi yang sesuai dengan kondisinya, membangun dan memelihara sarana dan prasarana serta kualitas pendidikan dan kesehatan, mewujudkan good governance dan clean goverment, menetapkan 14 desa tertinggal atau sebesar 10% dari desa tertinggal yang ada untuk dituntaskan dengan memfokuskan program kegiatan pembangunan, menaikan 100% atau dua kali lipat dari tahun anggaran 2010 untuk dana alokasi desa, sebagai perwujudan pembangunan berbasiskan masyarakat pedesaan melalui APBDes serta mengoptimalkan Belanja Satuan Kerja Perangkat Daerah agar dapat Prima dalam melayani masyarakat sera optimal dalam melaksanakan program pembangunan” tuturnya. (iim-humas)

——- kembali ke halaman depan ——-


Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

4 Balasan ke Pembangunan Infrastruktur menjadi topik bahasan yang intens pada acara Musrenbang Kabupaten Pandeglang

  1. Ahmad Jaelani berkata:

    pembangunan infrastruktur adalah merupakan bagian elemen yang paling penting, dalam kancah pembangunan dewasa ini, karena dapat dirasakan dan menyentuh masyarakat langsung.trm.ksh

  2. Indra N berkata:

    Melihat banyaknya program yang turun ke daerah dari pusat dan APBD prov, maka harus adanya batasan-batasan sasaran yang perlu disosialisasikan ke para kepala desa…biar tidak terjadi tumpang tindih nya pembangunan, seyogyanya maka pihak kabupaten harus mengeluarkan edaran secara tertulis batasan pembangunan infrastruktur dari masing-masing program yang telah disepakati oleh satuan-satuan kerja masing-masing..yang diharapkan perubahan pembangunan di kab. Pandeglang akan terlihat secara jelas dan dapat dirasakan oleh masyarakat dari perubahannya.

  3. DIDIN SAMSUDIN berkata:

    yang kami bikin bingung dan tidak mengerti,kenapa sampai saat ini,patia belum pernah di sentuh pembangunan terutama jalan.sudah berapa ribu kali para pejabat dari berbagai intansi mengadakan bahasan bahasan tentang pembangunan.tpi sampai saat ini jalan kami belum pernah ada pengerasan yg layak,apalagi pengaspalan,dan banyak warga kami yg belum tahu apa itu aspal,inikah yg di sebut merdeka.

  4. aulia permana berkata:

    perlu adanya evaluasi tentang rencana kerja, karena masih banyak perencanaan kabupaten pandeglang yang belum tepat sasaran.ini salah siapa…………………………?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s