Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Kabupaten Pandeglang mulai digelar hari ini


Humas – Pandeglang (05/04)

“ Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Kabupaten Pandeglang mulai digelar hari ini “


PANDEGLANG, Sebanyak 38 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Pandeglang akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang mulai digelar hari ini dan pembukaannya dilaksanakan di SMKN 1 Pandeglang. Sebanyak 25 Bidang akan dilombakan dalam kegiatan ini, diantaranya : Akutansi, Sekretaris, Pemasaran, Mekanik Otomotif, Mesin Perkakas, Listrik Instalasi, IT Software application, IT PC Networking Support, Web Design dan sebagainya.

Lomba  Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan  atau disingkat dengan LKS-SMK  merupakan sebuah ajang kompetisi  keterampilan siswa tahunan sekolah menengah kejuruan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, propinsi, nasional dan internasional. Penyelenggaraan kegiatan  ini pada jenjang-jenjang tertentu biasanya dirangkaikan  dengan kegiatan pendukung lainnya yang berguna bagi pengembangan dan kemajuan pendidikan kejuruan di tempat-tempat tersebut. Para pemenang lomba pada kegiatan ini akan mewakili Kabupaten Pandeglang ke Lomba Tingkat Provinsi demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Undang Suhendar disela-sela acara Pembukaan LKS SMK ini.

Berikut ini adalah Bidang Lomba yang diikuti oleh beberapa SMK yang ada di Kabupaten Pandeglang. Bidang Akuntansi diikuti oleh 4 SMK, Sekretaris diikuti oleh 3 SMK, Pemasaran 3 SMK, Mekanik Otomotif 7 SMK, Mesin Perkakas 1 SMK, IT Software 6 SMK, IT PC Networking Support 6 SMK, Web Design 6 SMK, Instalasi Listrik 1 SMK, Animasi 2 SMK, Design Grafis 5 SMK, Perhotelan 4 SMK, Restoran Service 1 SMK, Teknologi Hasil Pertanian 1 SMK, Fisheri 1 SMK, Agronomi 5 SMK, Bahasa Inggris 10 SMK, Bahasa Indonesia 38 SMK, Bola Volley Putra 13 SMK, Bola Volley Putri 6 SMK, Bulu Tangkis 6 SMK, Basket Putra 5 SMK dan Basket Putri 5 SMK.

Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan bahwa berbagai bidang keahlian di SMK saat ini berkembang pesat dan bisa menjadi  keunggulan. Permintaan lulusan SMK di bidang tertentu juga cukup tinggi. Sayangnya, SMK masih menjadi pilihan kedua bagi masyarakat kita. Tentu ini menjadi tantangan bagaimana mengubah paradigma masya­rakat kita agar SMK, bisa menjadi primadona tempat menuntut ilmu  bagi anak-anak kita di kemudian hari. Pendidikan kejuruan sebenarnya memiliki beberapa kelebihan. Pertama, lulusannya dapat mengisi peluang kerja pada dunia usaha/industri, karena terkait dengan satu sertifikasi yang dimiliki melalui uji kemampuan  kompetensi. Dengan sertifikasi tersebut mereka mempunyai peluang untuk bekerja. Kedua, lulusan Pendidikan Menengah Kejuruan dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi, sepanjang lulusan tersebut memenuhi persyaratan, baik nilai maupun program studi  atau jurusan sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan ujarnya.

Seusai Bupati membuka acara ini, ia beserta rombongan mengunjungi tempat dilaksanakannya donor darah yang dilakukan oleh siswa dan siswi dari SMKN 1 Pandeglang. (iim-humas).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Kabupaten Pandeglang mulai digelar hari ini

  1. bani berkata:

    lks kabupaten pandeglang bagian animasi hnya 2 sekolah
    sekolah mana ja itu ?
    smkn 7 pandeglang ma sekolah mana ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s