Bupati Pandeglang buka Seminar Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Profesi Guru


Humas – Pandeglang (04/04)

“Bupati Pandeglang buka Seminar Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Profesi Guru”

PANDEGLANG, Ditengah hingar bingarnya pelaksanaan Pameran Pembangunan dan Gelar Potensi dalam rangka Hari Kabupaten Pandeglang yang ke-136, Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi membuka Seminar Pendidikan dengan thema Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Pengembangan Profesi Guru di Pendopo Kabupaten Pandeglang pada hari Minggu (04/04).

Seminar yang diselenggarakan oleh Forum Ilmiah Guru (FIG) Kabupaten Pandeglang yang bekerjasama dengan PGRI Kabupaten Pandeglang serta difasilitasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang ini, ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama peran pendidik dalam meningkatkan proses pembelajaran, dengan kegiatan ini pula diharapkan ada peningkatan pemahaman pendidik tentang SPN dan SNP, meningkatkan pemhaman pendidik tentang unsur-unsur pengembangan profesi serta meningkatkan pemahaman pendidik terhadap kriteria penilaian kegiatan pengembangan profesi, demikian disampaikan Ketua Umum Panitia Kegiatan Seminar ini, Adna Zaenudin.

Peserta yang mengikuti seminar adalah tenaga pendidik yang ada dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang dan semua satuan Pendidikan dengan Kriteria Peserta memiliki atau golongan IV/a. Narasumber dan fasilitator berasal dari TIM FIG Kabupaten Pandeglang diantaranya Drs. Wahya yang akan membawakan materi Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan Pengembangan Profesi, Drs.Dayan H dengan materi penyusunan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) dan Drs. Edi Sumiarsa dengan Materi Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

”Berbicara mengenai kualitas sumber daya manusia, pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Menyadari pentingnya proses  peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka pemerintah bersama kalangan swasta sama-sama telah dan terus berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya” demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang Undang Suhendar.

Sementara itu Bupati Pandeglang dalam sambutannya mengatakan bahwa Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai permasalahan hanya dapat dipecahkan kecuali dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain manfaat bagi kehidupan manusia di satu sisi perubahan tersebut juga telah membawa manusia ke dalam era persaingan global yang semakin ketat. Agar mampu berperan dalam persaingan global, maka sebagai bangsa kita perlu terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Oleh karena itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan kenyataan yang harus dilakukan secara terencana, terarah, intensif, efektif dan efisien dalam proses pembangunan, kalau tidak ingin bangsa ini kalah bersaing dalam menjalani era globalisasi tersebut ujarnya. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s