Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) digelar di Pendopo Pandeglang


Humas – Pandeglang (30/03)

“Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) digelar di Pendopo Pandeglang

PANDEGLANG, Tiga Kelompok  Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) mengikuti Seleksi Tahap Akhir yang akan mengawakili Kabupaten Pandeglang ke Tingkat Provinsi Banten hari ini Selasa (30/03) bertempat di Gedung Pendopo Kabupaten Pandeglang. Ketiga kelompok tersebut adalah Kelompok Mitra Cai Cimasayang dari Kecamatan Pandeglang, Kelompok Mitra Cai Tirta Mekar dari Kecamatan Jiput dan Kelompok Mitra Cai Karya Mekar I dari Kecamatan Koroncong.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan kemampuan organisasi kelembagaan P3A yang telah terbentuk sehingga akan mendukung produktifitas usaha tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat khusunya petani.

Di Kabupaten Pandeglang ada 202 unit Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang terbentuk melalui Program Participatory Irrigation Sector Project (PISP). Rendahnya prosentase P3A yang telah dilegalkan dikarenakan selama ini setelah terbentuk kepengurusannya tidak aktif, atau dalam istilah masyarakat setempat dikenal dengan tucking (dibentuk cicing).

Lomba P3A di Kabupaten Pandeglang ini dilaksanakan atas prakarsa 3 (tiga) SKPD yaitu Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pertanian dan Perkebunan. Sejak tahun 2008 lomba P3A ini sudah dilaksanakan dan dari tahun ke tahun pemenang lomba P3A ini selalu berubah, hal ini menunjukan adanya semangat meningkatkan kapasitas kelembagaan antar P3A. Setelah didapatkan Juara I, II dan III selanjutnya Juara I akan dikirim oleh Kabupaten untuk mengikuti Lomba P3A ke Tingkat Provinsi Banten.

Dengan adanya Program Participatory Irrigation Sector Project (PISP) di Kabupaten Pandeglang dari 642 Daerah Irigasi (DI) yang ada baru 58 DI yang dikelola oleh Program PISP ini. Selain itu jumlah P3A yang telah terbentuk / revitalisasi sampai tahun 2009 sebanyak 202 unit P3A dan 30 Unit GP3A dari 56 DI dengan luas areal 15.390 Ha.

Program PISP ini akan berakhir pada tahun 2010 ini, maka Pemerintah Kabupaten Pandeglang harus melanjutkan Program Irigasi Partisipatif dengan cara menganggarkan dalam APBD. Sehingga seluruh DI yang ada di Kabupaten Pandeglang secara bertahap dapat diperbaiki dan dikelola oleh P3A, GP3A yang kepengurusannya juga telah dilegalkan dengan akta notaris.

Partisipasi P3A dalam pengelolaan irigasi sangat penting untuk menunjang dan mendukung produktivitas usaha tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Maka secara ekonomi Kabupaten Pandeglang merupakan daerah modal bagi Provinsi Banten dalam pengembangan agribisnis dimasa mendatang. Dengan adanya kekayaan alam yang melimpah dan kebudayaan masyarakat yang beragam serta ditopang oleh empat pilar utama daerah yaitu Pertanian, Kehutanan, Perikanan dan Kelautan, serta pariwisata. Kabupaten Pandeglang diyakini akan menjadi daerah tumpuan yang dapat menghasilkan devisa yang tinggi bagi masyarakat Pandeglang maupun bagi Provinsi Banten pada umumnya. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Lomba Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) digelar di Pendopo Pandeglang

  1. Endy Ardhie berkata:

    Great post, Thanks for share.. 😀

    visit my blog,
    http://satyap06.student.ipb.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s