Diklat Kelas Awal Kerjasama UNI EROPA dengan PEMDA Pandeglang dalam Program MGP-BE resmi ditutup hari ini


Humas – Pandeglang (29/03)

“DIKLAT KELAS AWAL KERJASAMA UNI EROPA DENGAN PEMDA PANDEGLANG DALAM PROGRAM MGP-BE RESMI DITUTUP HARI INI

PANDEGLANG, Proyek Mainstreaming Good Practices in Basic Education (MGP-BE) yang didanai oleh Uni Eropa adalah sebagai bagian dari Program Bantuan Pengembangan Kapasitas Pendidikan Dasar (Basic Sector Capacity Support Programme) di Indonesia. MGP_BE bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sekolah dan masyarakat dalam mengarusutamakan praktek-praktek yang baik dalam Pendidikan Dasar agar praktek-praktek ini dapat menjadi prioritas dan rencana dalam kebijakan pendidikan di Kabupaten Pandeglang.

Pelatihan Kelas Awal yang dilaksanakan di Hotel Wira Carita sejak tanggal 21 sampai dengan tanggal 29 Maret 2010 dan ditutup oleh Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi ini, ditujukan untuk membantu memahami masalah yang berkaitan dengan pengajaran membaca, menulis dan berhitung, serta mendapatkan gambaran mengenai bagaimana sebaiknya membelajarkan siswa di kelas awal dan kelas tinggi.

Hadir dalam acara tersebut, selain Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang H.Undang Suhendar, Kepala Bagian Hukum Amri dan Kepala Bagian Humas H.Encep Suryadi, Project Officer (PO) UNICEF Ita Rosita, para Master Trainer Nasional dan Fasilitator Daerah.

Dalam Diklat Kelas awal ini, peserta dapat memperoleh konsep dan strategi cara mengajar matematika yang efektif, memperoleh konsep dan strategi cara mengajar membaca dan pembelajaran Bahasa Indonesia, memperoleh konsep dan strategi cara membuat peta cerita terpadu dan peserta memperoleh konsep dan strategi cara mengajar dengan strategi modeling dan observasi. Disamping itu peserta akan memperoleh pengalaman mengajar yang efektif dan efisien tapi unik dan menyenangkan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang H.Undang Suhendar, mengatakan bahwa dengan Program Kapasitas Guru dan Sekolah yang diselenggarakan UNICEF ini dapat mendongkrak kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang. Data peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata Ujian Nasional. Nilai rata-rata UASBN untuk SD/MI memperoleh nilai rata-rata 7.30 dengan tingkat kelulusan 100%. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs dengan nilai rata-rata Ujian Nasional 7.31 dan tingkat kelulusannya 97,49%. Hal ini menunjukan bahwa program ini dapat membantu meningkatkan perolehan nilai sebagai tolok ukur kualitas ujarnya.

”Selain indikator perolehan nilai sebagai keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan ada beberapa indikator lain yang dijadikan tolok ukur peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang, antara lain seberapa besar Angka Partisipasi Kasar (APK) siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dapat dari data APK SD/MI/PAKET A melampaui 117,92%, sedangkan tolok ukur Nasional 115% dan APK SMP/MTs/PAKET B mencapai 117,48% lebih besar dari tolok ukur Nasional yang sebesar 95%” lanjutnya.

Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan ”Pemerintah Kabupaten Pandeglang merasa sangat terbantu oleh Program MGP-BE yang merupakan kerjasama dengan UNICEF dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang ini, hal ini telah ditunjukan dengan indikasi peningkatan kualitas pendidikan. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pendidikan merasa berkewajiban untuk mengembangkan program ini kepada seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang setelah Kecamatan Cikeusik dan Kecamatan Picung” ujarnya. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s