KETUA TP-PKK Kab. Pandeglang akan upayakan dan awasi Penanganan Penderita Penyakit Hisprung


Humas – Pandeglang (24/03)

“KETUA TP-PKK Kab. Pandeglang akan upayakan dan awasi Penanganan Penderita Penyakit Hisprung”

Ketua TP-PKK Kab. Pandeglang Hj.Siti Erna Erwan saat menjenguk Hafid

PANDEGLANG, Ketua TP-PKK Kabupaten Pandeglang Hj, Siti Erna Nurhayati Erwan didampingi Camat Saketi Didit Supriyadi menjenguk penderita penyakt Hisprung di Ruang Althof 4 Rumah Sakit Umum Daerah Berkah Pandeglang hari Rabu (24/03). Penderita yang bernama Hafid (usia 5 bulan) ini adalah merupakan putra dari pasangan Ukar (32) dan Bedah (25) warga Desa Majau Kecamatan Saketi.

”Saya sangat prihatin dengan kondisi bayi tersebut, oleh karena itu saya terus berupaya dan mengawasi penanganan medis yang dilakukan. Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang beserta dinas terkait akan terus berupaya agar Hafid dapat kembali menjalani kehidupan secara normal. Untuk langkah lanjutan, kita akan lakukan Uji Laboratorium untuk memastikan penyakit yang diderita Hafid guna mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya. Uji Laboratorium akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. Setelah ada hasilnya, bila perlu kita akan upayakan agar Hafid dirujuk ke Rumah Sakit yang mampu menanganinya, misalnya RSU. Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta” demikian disampaikan Hj.Siti Erna Erwan disela-sela kunjungannya,

Menurut penuturan Sopian Souri Petugas Gizi dari Puskesmas Kecamatan Saketi yang saat itu mendampingi Hafid bahwa ” Hafid sudah menderita penyakit ini sejak lahir dan mulai ditangani oleh Puskesmas Saketi saat Hafid berusia 8 hari dan dirawat disana sekitar 20 hari, karena keterbatasan alat dan obat maka kami rujuk ke RSUD Berkah, ini sudah merupakan tahap kedua dalam penanganan penyakit Hafid” tuturnya.

”Sementara ini kami mendiagnosa, bahwa penyakit yang diderita Hafid adalah penyakit HISPRUNG. Penyakit ini bisa disebabkan oleh dua faktor yaitu karena penyakit yang memang sudah diderita sejak lahir atau bisa disebabkan oleh asupan gizi dari makanan yang tidak mencukupi. Jadi secara fisik Penyakit Hafid bukan semata-mata penyakit gizi buruk, akan tetapi disebabkan oleh penyakit Hisprung yang kemudian menimbulkan Kekurangan Gizi” lanjutnya.

Hisprung atau Hirschsprung terjadi karena adanya permasalahan pada persarafan usus besar palingbawah, mulai anus hingga usus di atasnya. Syaraf yang berguna untuk membuat usus bergerak melebar menyempit biasanya tidak ada sama sekali atau kalopun ada sedikit sekali. Namun yang jelas kelainan ini akan membuat BAB bayi tidak normal, bahkan cenderung sembelit terus menerus. Hal ini dikarenakan tidak adanya syaraf yang dapat mendorong kotoran keluar dari anus.

Dalam keadaan normal, bahan makanan yang dicerna bisa berjalan di sepanjang usus karena adanya kontraksi ritmis dari otot-otot yang melapisi usus (kontraksi ritmis ini disebut gerakan peristaltik). Kontraksi otot-otot tersebut dirangsang oleh sekumpulan saraf yang disebut ganglion, yang terletak dibawah lapisan otot. Pada penyakit HirschsprungGanglion ini tidak ada, biasanya hanya sepanjang beberapa sentimeter. Segmen usus yang tidak memiliki gerakan peristaltik tidak dapat mendorong bahan-bahan yang dicerna dan terjadi penyumbatan.

Penyakit Hirschsprung 5 kali lebih sering ditemukan pada bayi laki-laki. Penyakit ini kadang disertai dengan kelainan bawaan lainnya, misalnya sindroma Down.

Gejala-gejala yang mungkin terjadi:

  • Segera setelah lahir, bayi tidak dapat mengeluarkan mekonium (tinja pertama pada bayi baru lahir)
  • Tidak dapat buang air besar dalam waktu 24-48 jam setelah lahir perut menggembung muntah
  • Diare encer (pada bayi baru lahir
  • Berat badan tidak bertambah malabsorbsi. (iim-humas)
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s