Peringatan Hari Air Sedunia


Humas – Pandeglang (23/03)

“DALAM RANGKA PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA, BUPATI RESMIKAN RESMIKAN PEMANFAATAN AIR BERSIH CURUG PAMUGAS, SUNGAI CITELUK”

PANDEGLANG, Dalam rangka Hari Air Sedunia Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi resmikan Pemanfaatan Air Bersih Curug Pamugas, Sungai Citeluk. Proyek yang terlaksana atas kerjasama PT.Antam, PT CSD, TNUK, Pemda Pandeglang dan masyarakat Kecamatan Cimanggu ini diresmikan bertepatan dengan Peringatan Hari Air Sedunia (World Day for Water) Hari Selasa (23/03). Peringatan Hari Air Sedunia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, inisiatif peringatan ini di umumkan pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Berikut ini adalah PRESS RELEASE dari Balai Taman Nasional Ujung Kulon terkait dengan kegiatan tersebut.

PRESS RELEASE

PERINGATAN HARI AIR SEDUNIA :

TERSEDIANYA AIR BERSIH UNTUK MASYARAKAT

KARENA JASA LINGKUNGAN HUTAN GUNUNG HONJE

Air adalah sumber daya yang sangat diperlukan bagi kehidupan manusia, baik untuk keperluan air minum, penyediaan pangan, maupun untuk mengelola usaha-usaha pertanian.  Kebutuhan sumber air meningkat, sementara ketersediaannya dirasakan semakin terbatas.  Demikian gambaran kondisi hubungan kehidupan manusia dan sumber daya air di wilayah sekitar kawasan Gunung Honje, Taman Nasional Ujung Kulon.  “Bak gayung bersambut”, kondisi kebutuhan dan ketersediaan air bersih dipenuhi, melalui penyediaan fasilitas air bersih bagi masyarakat, hasil kerjasama antara PT Cibaliung Sumber Daya dan Balai Taman Nasional Ujung Kulon.  Kemudahan tersedia air baru terbatas bagi masyarakat Desa Padasuka dan Desa Mangkualam, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Dengan berfungsinya fasilitas air bersih pada masyarakat di kedua desa tersebut, Bupati Pandeglang berkenan meresmikan fasilitas tersebut pada hari Selasa 22 Maret 2010 dan mendukung pengelolaannya lebih lanjut oleh masyarakat guna menghasilkan keterpaduan bagi pembangunan wilayah yang selaras dalam fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi.  Kegiatan ini sekaligus juga sebagai peringatan hari Air sedunia yang diperingati pada tanggal yang sama setiap tahun.

Ada hal-hal penting dari peresmian fasilitas air bersih tersebut, sebagaimana ketentuan yang berlaku (Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air), bahwa tersedianya air bersih tersebut :

  • Merupakan hasil kerjasama antara sektor pemerintah dan swasta;
  • Merupakan bukti adanya manfaat jasa lingkungan wilayah hutan bagi pemukiman masyarakat;
  • Berlangsungnya peran masyarakat mumpuni, mulai dari persiapan, pelaksanaan pekerjaan serta rencana pemeliharaan.

Terbangunnya fasilitasi air bersih merupakan komitmen bersama, yang mendapat dukungan kegotong royongan masyarakat kedua desa tersebut serta Kecamatan Cimanggu.  Oleh karena itu, selanjutnya komitmen dan tindakan bersama itu tetap sangat diperlukan seterusnya guna hasil pembangunan fasilitas ini meningkat manfaatnya serta lestari hutannya sebagai penyedia sumber airnya.

Fasilitas air ini dibangun di kedua desa (Desa Padasuka dan Desa Mangkualam) karena wilayah kedua desa tersebut berdekatan dengan lokasi perusahaan dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Ujung Kulon. Sebagaimana diketahui, bahwa selama ini masyarakat dikedua desa tersebut hanya mampu memanfaatan aliran air sungai untuk keperluan sehari-hari seperti masak, mandi dan cuci. Padahal jarak sungai dengan rumah penduduk relative jauh. Memang, ada beberapa penduduk yang berinisiatif membangun sumur untuk keperluan air bersih, tetapi hanya mampu membangun sumur dangkal yang akan mengering pada musim kemarau. Sumur dangkal ini juga rentan mengandung bakteri E. coli yang menyebabkan penyakit saluran pencernaan seperti diare, disentri, dan lain-lain.

Di sisi lain, sebenarnya kawasan hutan Gunung Honje memiliki potensi air yang melimpah dan tersedia sepanjang tahun. Salah satu sungai, yang mengalir di Desa Padasuka dan Desa Mangkualam dan berhulu di kawasan taman nasional tersebut adalah Sungai Citeluk.   Hulu sungai yang dikenal dengan nama Curug Cimugas, sebagai sumber airnya, memiliki ketersediaan air sepanjang tahun dan debit air yang cukup sehingga dapat dimanfaatkan secara terus menerus. Debit air terendah Sungai Citeluk terjadi pada bulan Oktober yaitu sebesar 0.31 m3/detik dan debit air tertinggi terjadi pada bulan Februari sebesar 1.84 m3/detik. Sebagai catatan, bahwa untuk kawasan Gunung Honje saja, terdapat kurang lebih 20 buah sumber mata air dan 16 buah sungai besar dengan rata-rata debit air mencapai 0,0135 m3/detik, yang mengalir ke wilayah-wilayah pemukiman masyarakat desa Kecamatan Cimanggu dan Kecamatan Sumur, dan wilayah-wilayah desa/kecamatan lain di dekatnya.

Kegiatan pembangunan fasilitas air bersih meliputi penangkapan air di sumber air Curug Pamugas, pembangunan instalasi penjernihan, pipa distribusi, tangki penampungan air dan bangunan MCK di 7 lokasi yang tersebar di 4 kampung di kedua desa tersebut.  Fasilitas air bersih yang dibangun ini diharapkan dapat menjangkau sekitar 1.000 jiwa penduduk.  Dengan terbangunnya fasilitas air itu adalah salah satu sumbangsih dari jas pasokan air terpeliharanya dari hutan Gunung Honje.  Terpeliharannya hutan taman nasional Ujung Kulon juga merupakan hasil partisipasi aktif masyarakat dalam perlindungan hutan.  Air bersih yang disediakan fasilitas ini tidak akan berumur panjang apabila sumber pasokan airnya tidak dijaga.  Oleh karena itu, marilah kita melindungi secara kuat bersama hutan Gunung Honje dari kerusakan dan pencemaran, sehingga terhindarkan dari bencana banjir dan longsor, disamping kita bisa membangun wilayah dan masyarakat, baik ekonomi, social dan budaya serta akan mampu meneruskan ‘tongkat’ hutan yang sehat kepada generasi manusia mendatang.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Peringatan Hari Air Sedunia

  1. Nourly berkata:

    alhamdulillah air sumber melimpah di pandeglang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s