Training Center Musabaqoh Tilawatil Qur’an (TC-MTQ) Kabupaten Pandeglang dibuka hari ini


Humas – Pandeglang (15/03)

“Training Center Musabaqoh Tilawatil Qur’an (TC-MTQ) Kabupaten Pandeglang dibuka hari ini”

Pembukaan TC-MTQ Tingkat Kabupaten Pandeglang

PANDEGLANG, Sekitar 60 orang peserta dari Kabupaten Pandeglang yang akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Banten April 2010, mengikuti Training Center  selama 4 hari yang dimulai pada hari Senin 15 Maret 2010 sampai dengan hari Kamis 18 Maret 2010 di Wisma PK-PRI Kabupaten Pandeglang. Pembukaan TC-MTQ sendiri dibuka oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dilaksanakan  di Pendopo Kabupaten Pandeglang pada hari Senin (15/03).

”Tujuan kegiatan ini adalah untuk memantapkan pemusatan pelatihan / pembinaan agar menjadikan peserta yang berkualitas dan layak serta siap dikirim mewakili Kabupaten Pandeglang mengikuti MTQ tingkat Provinsi Banten Tahun 2010 di Kota Serang” demikian disampaikan Ketua LPTQ Kabupaten Pandeglang Abdul Ghoffar.

Beberapa Cabang / golongan yang di TC-kan meliputi Cabang Tilawah yang diikuti oleh Golongan Dewasa, remaja, anak-anak, Tartil dan Qiraat Al-Qur’a, Hifdzil Qur’an diikuti oleh golongan 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz. Sedangkan Cabang Tafsir Al-Qur’an diikuti oleh peserta Bahasa Arab, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Cabang Syarih Al-Qur’an, Cabang Fahm Al-Qur’an, Cabang Qiratul Kutub terdiri dari golongan peserta Dewasa, Wustho dan Golongan Ula, sedangkan Cabang Musabaqah menulis kandungan Al-Qur’an (M2KQ) diikuti oleh 2 orang putra.

”Penyelenggaraan TC-MTQ tahun 2010 ini mempunyai arti yang sangat penting sekalipun pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan ini seluruh peserta yang telah meraih prestasi pada pelaksanaan STQ Tahun 2009 kembali dihimpun untuk mempersiapkan menuju pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Banten yang akan dilaksanakan pada Bulan April 2010. Dengan kegiatan TC-MTQ para pembina dapat memupuk prestasi peserta dari semua cabang yang akan dilombakan di tingkat Provisi terkecuali Cabang Tilawah Canet yang tidak kami sertakan” lanjut Ghoffar.

Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan bahwa ”Membaca Al-Qur’an sebagaimana diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mendapatkan pahala. Membaca Al-Qur’an dengan mengikuti kaedah-kaedah melafaskannya, apalagi dilantunkan dengan suara yang merdu, indah dan penuh irama, baik mujawwadnya maupun murratalnya apalagi dengan qiraatnya. Keindahan itu sungguh akan menyejukan hati bagi siapa yang mendengarkannya. Membaca Al-Qur’an dengan sekaligus memahami makna dari apa yang terkandung didalamnya akan memberikan pencerahan bathin dan sekaligus wawasan pemikiran tentang hakekat, makna dan tujuan kehidupan manusia di dunia ini” uajrnya.

”Sebagaimana kita maklumi bersama, bahwa bagian terbesar dari penduduk kita di Pandeglang khususnya adalah beragama Islam sehingga layak daerah kita mendapatkan sebutan kota ”SERIBU ULAMA SEJUTA SANTRI” tentu kita harus bangga akan sebutan tersebut. Maka dari itu tentunya kita sebagai umat muslim haruslah sungguh-sungguh memahami tuntunan Al-Qur’an bahwa kita harus berjuang mencapai kesejahteraan hidup didunia dan kesejahteraan hidup diakherat. Kesejahteraan hidup di dunia hanya akan dapat dicapai dengan Ilmu pengetahuan, kecerdasan, penguasaan Teknologi dan manajemen yang baik, tetapi itu semua belum cukup karena harus diimbangi dengan Iman dan Akhlak yang mulia. Iman akan menuntun manusia ke arah kebenaran, sementara akhlak manusia akan menutn perilaku manusia mematuhi batas-batas antara yang benar dengan yang salah, yang baik dengan yang buruk” lanjutnya (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s