Mengenal lebih dekat PENDOPO PANDEGLANG


Humas – Pandeglang (10/03)

“Mengenal lebih dekat
PENDOPO KABUPATEN PANDEGLANG”

Pendopo Pandeglang

PANDEGLANG, ”Bangunan Pendopo Kabupaten Pandeglang yang terletak disisi Timur Alun-alun Pandeglang tepatnya di Jalan KH. TB.ASNAWI Nomor 1, Kelurahan/Kecamatan Pandeglang ini menyimpan sebuah ciri khas unik. Bentuk Bangunan yang berbentuk aula tertutup oleh tembok dengan jendela kaca pada bagian badannya. Gedung yang dibangun pada tahun 1847-1848 dilahan seluas kurang lebih 1 hektar ini fungsi awalnya merupakan Kantor Bupati Pandeglang.

Denah bangunannya berbentuk bujur sangkar dengan luas sekitar 20 meter X 20 meter. Bentuk atapnya memiliki kekhasan, yakni atap bertumpuk yang merupakan pengaruh dari gaya arsitektur bangunan Jawa. Atap yang ada sekarang merupakan genting baru, kemungkinan dahulu pun penutup atapnya berupa genteng.

Dibagian belakang terdapat sebuah bangunan yang merupakan rumah dinas Bupati Pandeglang. Dari rumah dinas ini terdapat koridor yang menghubungkan Rumah Dinas dengan Pendopo. Arsitektur rumah dinas terlihat sangat unik dan meninggalkan kesan feodal yang sangat kental. Bentuknya yang langka dan unik serta memiliki gaya arsitektur tradisional menjadikan bangunan milik pemerintah ini perlu dilestarikan dan dipertahankan keasliannya.Berikut ini adalah berbagai photo Pendopo Kabupaten Pandeglang yang diambil dari berbagai sudut. (iim-humas)

Click untuk memperbesar

Koridor

Sisi Kiri

Tiang Bendera

Halaman yg luas

Meriam Mini

Patung Badak

Rumah dinas

Koridor

Koridor

Koridor

Ruang Tamu Luar

Ruang Tamu Luar

Ruang Tamu Dalam

Ruang Tamu Dalam

Ruang Tamu Dalam

Prasasti

Pos ini dipublikasikan di 01 Sejarah. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mengenal lebih dekat PENDOPO PANDEGLANG

  1. Fitri Suciwiati berkata:

    tanggal 29-30 Mei nanti PANDEGLANG MEMBACA ingin gedung Pendopo menjadi saksi sejarah Pencanangan Hari Kebangkitan Buku di Pandeglang, mohon izin ya,,,

    • Iim Mulyana berkata:

      Mantaap teh Fitri, sudah selayaknya kita mengupayakan masyarakat Pandeglang, menjadi masyarakat yang gemar membaca…!!! Mari kita dukung upaya ini… terus semangat dan semoga sukses acaranya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s