Kemeriahan Maulid Nabi di Mesjid Attaqwa Girimerta Cimanuk


Humas – Pandeglang (07/03)

“Kemeriahan Maulid Nabi di Mesjid Attaqwa Girimerta Cimanuk”

Maulid di Girimerta

PANDEGLANG, Sekitar puluhan ”Dongdang” atau ”Hanceungan” dengan berbagai hiasan yang sangat  variatif dijejerkan dipinggir jalan menuju Mesjid At-Taqwa Girimerta Desa Dalembalar Kecamatan Cimanuk Pandeglang Hari Minggu (07/03). Puluhan masyarakat yang ikut menyaksikan acara ini membuat suasana semakin ramai.

”Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1431 H ini, merupakan acara puncak yang digelar oleh para Pemuda di Kampung Girimerta. Sebelumnya kami juga melaksanakan Pengobtan Gratis bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang dan Puskesmas Cimanuk serta melibatkan 500 orang meliputi seluruh unsur kepanitian dan masyarakat Desa Dalembalar serta desa-desa lainnya yang berada di Wilayah Kecamatan Cimanuk.” demikian yang disampaikan Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi Mesjid Attaqwa Iip Bahtiar Rifa’i.

Acara ini selain dihadiri oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi yang didampingi oleh Staf Ahli Bidang Kesra Entis Sutisna, juga dihadiri oleh jamaah masjid yang datang dari 24 kampung  disekitar desa Dalembalar. Hadir juga dalam acara ini Camat Cimanuk, Hj. Haeriyah anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, Danramil Cimanuk, Kapolsek Cimanuk, Ketua MUI Kecamatan Cimanuk dan para Alim Ulama para Asatid dan Kasepuhan dari berbagai tempat.

Acara yang mengambil tema ”Kita Tingkatkan Amal Ubudiyah dan Ukhuwah Islamiyah” ini, juga menampilkan kesenian tradisional khas Banten DEBUS yang dipimpin oleh H.Maman Irawan. Penampilan kali ini diiringi oleh alat musik Terbang dan lantunan Shalawat membuat suasana semakin menambah sakral. Decak kagum dari undangan yang hadir ditempat itu membuat semangat para pemain, berbagai atraksi ditampilkan mulai dari tusuk lidah, memotong lidah dan memukul kepala pemain dengan balok kayu.

Tawasul dan Marhaban yang mengawali acara ini dipimpin oleh KH.Darsa dan dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Sedangkan uraian Hikmah Maulid disampaikan oleh KH. Sihabudin dari Pasirnangka Kupahandap.

Bupati dalam sambutannya kembali mengingatkan bahwa ”Melalui perayaan Maulid Nabi Muhammad, kita diajak serta diingatkan kembali akan sosok pemimpin besar Islam. Banyak hal baik yang patut untuk dicontoh dari sosok Nabi Muhammad. Di antaranya, perilaku/sikap, ucapan/tutur kata. Oleh karena itu, perayaan hari besar agama seperti ini tidak cukup hanya dirayakan begitu saja. Tetapi benar-benar dihayati akan makna dan arti yang terkandung di dalamnya. Disamping itu, melalui perayaan Maulid kita mengenang kembali kelahiran dan sejarah hidup Nabi Muhammad SAW, yang pasti tentu mempunyai makna penting. Selain membawa manusia dalam alam kegelapan ke alam terang benderang, makna maulid juga adalah untuk mengajak umat manusia saling menjaga persaudaraan di antara sesama” tuturnya.

”Masih banyak hal yang perlu kita lakukan guna meningkatkan pembangunan di Kabupaten Pandeglang ini, apa yang sudah kita kerjakan selama ini dan kita anggap berhasil ternyata belum bisa mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini dibuktikan bahwa di Pandeglang masih terdapat 142 Desa yang masih dalam status Desa Tertinggal, ini tentunya harus menjadi pemicu semangat dan motivasi, baik itu aparatur pemerintahan maupun masyarakat untuk bersama-sama membangunan Kabupaten ini. Oleh karena itu saya menghimbau kepada seluruh Elemen Masyarakat dan Aparatur Pemerintahan untuk sungguh-sungguh bekerjasama dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten ini. Kita mendambakan Pandeglang menjadi Pandeglang yang BERKAH, dan ini tentunya harus diawali oleh APARATUR yang harus bisa BEBENAH. Artinya seorang Aparatur harus bisa Bersih, Benar dan Amanah. Manakala aparatur bisa belajar benar, bersih dan amanah, maka program-program yang telah disusun oleh Pemerintah Daerah akan mencapai sasaran yang diharapkan” lanjutnya. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kemeriahan Maulid Nabi di Mesjid Attaqwa Girimerta Cimanuk

  1. syaeful bakrie berkata:

    Assalamualaiakum wrwb
    Maaf OOT ,sekedar info sharing saja ,kalo yang dimaksud kp.cihiedeung cimanuk saya faham benar dengan kemajuan warganya disana ,hal ini ditandai dengan banyaknya rumah rumah permanen yang sukses usahanya ,bisa jadi dijakarta atau dibandung sana,namun ada hal yang mesti difikirkan dari sekarang kenapa Jalan jalan dilingkungan sana koq sempit dan agak kurang teratur ,terlebih lagi jalan antara batubantar ke cikoromoy ,jika lebaran dan hari libur terkadang macet total dan penuh kendaraan hanya karena jalan sempit dan berlubang ,mohon perhatian PEMDA pandeglang ,hal ini demi lancarnya dan meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke CIKOROMOY dan Objek wisata lain yang melalui jalan tsb,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s