Sosialisasi RASKIN dilaksanakan mulai hari ini


Humas – Pandeglang (04/03)

Sosialisasi RASKIN dilaksanakan mulai hari ini

Dari kiri : Sekda, Bupati dan Ketua Tim Koordinasi RASKIN

PANDEGLANG, Berdasarkan hasil pendataan BPS Tahun 2009, jumlah rumah tangga miskin dengan kategori SANGAT MISKIN untuk Kabupaten Pandeglang  sebanyak 127.318 Kepala keluarga yang tersebar di 35 Kecamatan. Dari 335 Desa/Kelurahan dan mereka itulah yang berhasil mendapatkan Raskin pada tahun 2010. Jumlah RTS ini berkurang 1,20% jika dibandingkan tahun 2009, sedangkan jumlah pagunya sebesar 19.861.608 Kg, ada penurunan 14,37% jika dibandingkan dengan tahunn 2010. Untuk tahun 2010, sesuai dengan ketentuan pemerintah dan anggaran yang tersedia dalam APBN masing-masing RTS-PM akan mendapat 13 Kg/bulan untuk 12 bulan penyaluran dan itu artinya sejak bulan Januari sampai dengan Desember 2010 setiap RTS-PM yang sudah tercatat dalam Daftar Penerima Manfaat (DPM 1) dan memiliki Kartu Raskin berhak mendapatkan Raskin.

”Dengan berkurangnya RTS-PM Tahun 2010 jangan sampai membuat kita kecewa tapi kita harus bersyukur karena ini menunjukan bahwa ada peningkatan kesejahteraan dalam masyarakat kita, walaupun hanya 1,20% untuk itu marilah kita sama-sama berjuang untuk lebih meningkatkan lagi kesempatan di masyarakat kita sehingga di tahun-tahun mendatang Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Raskin prosentasenya akan lebih berkurang lagi. Meskipun untuk membantu masyarakat yang saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi, karena tingginya harga beras, bantuan raskin sangat diharapkan untuk membantu ketahanan pangan keluarga” demikian disampaikan oleh Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi saat memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Sosialisasi Raskin yang dilaksanakan di Pendopo Pandeglang hari Kamis (04/03).

Sosialisasi Raskin untuk tahun 2010 ini dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah H.Endjang Sadina, Assisten Adminitrasi Pembangunan H.Purwadi, Kepala Bappeda H.Aah Wahid Maulany beserta Kabag-kabag dilingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang, Camat dari Wilayah I yang terdiri dari 11 Kecamatan Cadasari, Pandeglang, Karangtanjung, Koroncong, Majasari, Banjar, Mekarjaya, Mandalawangi, Cimanuk, Cipeucang dan Kaduhejo. Hadir juga para Kasie Kesos Kecamatan, Kepala Desa dan Lurah dan Tim Koordinasi Raskin tingkat Kabupaten, Unsur LSM yaitu dari LSM Mahatidana dan LSM Ampera.

Menurut Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi Sumanta, Sosialisasi yang akan dilaksanakan selama 4 hari ini digelar di empat kecamatan. Sosialisasi hari pertama dilaksanakan di Kecamatan  Pandeglang, hari kedua akan dilaksanakan di Sakteti, Panimbang dan Cibaliung. Tujuan Sosialisasi ini adalah untuk menyebarkan informasi berkaitann dengan pelaksanaan penyaluran Raskin, ”Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini kita semua yang terlibat dalam penyaluran, mempunyai pemahamyang akan dan kesatuan persepsi, sehingga akan terhindar dari masalah-masalah yang akan menghambat pelaksanaan penyaluran Raskin ini” tuturnya.

Sama dengan tahun 2009, pada tahun anggaran 2010 ini Raskin akan disalurkan kepada masyarakat dengan harus membayar Rp.1.600/Kg. Mekanisme penyaluran Raskin akan dilaksanakan dalam 12 tahap, yaitu setiap 1 bulan sekali sesuai jadwal pengajuan, penerima manfaat dengan membawa Kartu Raskin agar mendatangi tempat-tempat pelayanan di Desa/Kelurahan yang dijadikan titik distribusi. Berkaitan dengan kewajiban-kewajiban yang harus segera diselesaikan karena ini akan mengganggu kepada distribusi beras raskin di tiap-tiap Desa/Kelurahan.

Dalam upaya meminimalkan permasalahan Pendistribusian dilapangan, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Bupati Pandeglang secara khusus kepada Camat dan Kepala Desa/Lurah antara lain yaitu :

  1. Libatkan unsur aparat keamanan yang ada ditingkat Kecamatan dan Desa/Kelurahan untuk membantu petugas ditingkat Desa/Kelurahan yang akan menyalurkan beras sesuai jadwal yang ditetapkan.
  2. Tingkatkan kinerja Tim Koordinasi Raskin Kabupaten dan Kecamatan untuk melakukan pengawasan dan monitoring langsung ke Desa/Kelurahan pada saat Raskin disalurkan dan apabila dalam pelaksanaan Raskin ini ada penyimpangan, berikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Untuk manampung kritik dan saran terhadap pelaksanaan Program Raskin setiap Kecamatan dan Desa / Kelurahan agar menyediakan KOTAK SARAN.  (iim-humas)
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s