Side Notes : Lahir dari Keluarga Petani, Bertekad Majukan Daerah


SIDE NOTES : MENGENAL SOSOK BUPATI PANDEGLANG

” Lahir dari Keluarga Petani, Bertekad Majukan Daerah “

Ketika Panen Raya

“Duduk di balik meja kerjanya, siang itu Erwan Kurtubi tampak sibuk menandatangani sejumlah surat, dia menyapa dengan ramah dan penuh kekeluargaan”

Tak lama berselang, pria yang lahir di Pandeglang, 9 Juni 1950 ini beranjak dari aktivitasnya tersebut. Langkah kakinya menuju ke kursi tamu yang berada tepat di depan meja kerjanya. ”Saya terlahir dari keluarga petani. Kedua orang tua saya adalah petani,” ungkapnya memulai pembicaraan.

Jauh sebelum menjabat sebagai Bupati Pandeglang menggantikan A. Dimyati Natakusumah yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Anggota DPR-RI, Erwan Kurtubi harus menapaki karirnya dari bawah. Beberapa pendidikan baik formal maupun non formal pernah ia enyam dimulai dari SD di SR Tanjung Karang dan lulus Tahun 1964, kemudian ia melanjutkan Sekolah Menengahnya di SMPN Tanjung Karang dan Lulus Tahun 1967, SMA nya ia tamatkan di SMAN 1 Tanjung Karang dan lulus tahun 1970, Pendidikan Sarjana ia tamatkan di IIP dan lulus tahun 1985 sedangkan untuk S2 ia tamatkan di STIE GANESHA dan lulus tahun 2000.

Pendidikan Non Formal yang ia ikuti diantaranya Penataran Alumni APDN tahun 1977, Penataran P.4  dan Latihan Administrasi Perkantoran Tahun 1980, Penataran Camat Se-Indonesia di Tahun 1982, Pemantapan LAK UU No. 5 Tahun 1979  dan Penataran Satu Atap yang dilaksanakan pada tahun 1986, SPAMA tahun 1995, ESQ Tahun 2005 dan SPAMEN (Diklat Pim II) tahun 2006.

Berbagai jabatan pernah ia duduki mulai dari Camat Saketi Tahun 1986 sampai dengan 1991, Camat Menes Tahun 1992 sampai dengan 1996, Camat Pandeglang Tahun 1997 sampai dengan 1998, Kepala Dinas LLAJR Tahun 1999 sampai dengan 2000, Kepala Dispenda Tahun 2000 sampai dengan 2001, Kepala Dinas Koperasi dari tahun 2001 sampai dengan 2002, Asissten Pemerintahan Tahun 2002 sampai dengan 2003, Sekretaris Daerah Tahun 2003 s.d 2005, Wakil Bupati Pandeglang Tahun 2005 s.d 2009, Sedangkan jabatan Bupati Pandeglang ia sandang sejak tanggal 27 Oktober 2009 sampai dengan sekarang.

Penghargaan yang ia terima pun sudah sering ia terima diantaranya : Piagam Penghargaan KORPRI Tahun 1987, Penghargaan dari ITB Tahun 1993, Piagam Menteri Pemberdayaan Perempuan Tahun 2004 dan Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun yang ia terima pada tahun 2004.

H. Erwan Kurtubi yang beristri Hj. Siti Erna Nurhayati mempunyai 2 orang putra dan 1 orang putri ini telah berhasil mengantarkan putra-putrinya menyelesaikan studinya. Riza A.Kurniwan yang lahir di Bandung 24 Mei 1979 telah berhasil menyelesaikan studi S2-nya, sedangkan Firman A.Hidayat dan Siti Septiani M masing-masing telah berhasil menyelesaikan S1.

Dukungan dan motivasi istri tercintanya, Hj. Siti Nurhayati Erwan, membuatnya kuat menjalani masa-masa bergelut dengan tugasnya. Demikianpun anak-anaknya yang tidak neko-neko membuatnya sangat bersyukur. Hj. Siti Erna Nurhayati yang dikenalnya sejak berada di bangku kuliah, telah memberikan inspirasi tersendiri untuk selalu kuat melaksanakan tugas. ”Semua ini tak luput dari dukungan keluarga, istri dan anak. Serta semua pihak yang banyak memberikan motivasi dalam tugas-tugas saya,” katanya.

Sudah menjadi tuntutan dan keharusan, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pandeglang, dia bertekad melakukan yang terbaik untuk daerah yang dipimpinnya. Dia sudah mempunyai sejumlah konsep ataupun rencana langkah yang akan dijalani. ”Semua itu, pastinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

SANG ANAK PETANI YANG BERTEKAD MAJUKAN DAERAH

Kalau kita lihat perjalanan Karir seorang Erwan Kurtubi, memang dimulai dari jenjang yang terbawah, tidak salah kalau beliau dikenal dan disenangi oleh masyarakat Petani, yang merupakan masyarakat dominan di Kabupaten Pandeglang, karena Kabupaten Pandeglang sebagian besar Penduduknya hampir lebih 90 % adalah hidup dengan mata pencaharian sebagai petani, bahkan oleh masyarakat Petani melalui Kelompok tani, tentunya pernyataan tersebut bukan tanpa dasar, dan bukan merupakan sebuah hal yang kebetulan, dan memang dalam perjalan karir sebagai PNS beliau sangat dekat dengan Petani, bahkan semasa beliau menjabat sebagai Sekretaris Daerah, banyak terobosan-terobosan yang dilakukan menyentuh langsung kepada petani, atas dasar itulah masyarakat petani Pandeglang melirik nama H.Erwan Kurtubi selain dekat dengan kalangan Petani, beliau juga dikenal banyak kalangan masyarakat kalangan bawah dan mudah bergaul tanpa pandang suku dan jabatan dan mudah ditemui siapa saja.

Kepiawaian beliau bukan hanya dari aspek teknis dan tentunya aspek Manajemen Administrasi Pemerintahan juga dipahami beliau, walaupun untuk itu beliau harus belajar dan belajar dan ternyata beliau mampu menjadi seorang Sekretaris Daerah,  Jabatan tertinggi bagi Pegawai Negeri Sipil di daerah .

Disamping itu kedekatan dengan masyarakat petani dan Pemuda menjadi sebuah hal yang membuat H.Erwan Kurtubi diminta oleh masyarakat untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Pandeglang pada PEMILUKADA Tahun 2010, hal ini terbukti banyak masyarakat petani menggantungkan harapan kepadanya untuk memimpin Pandeglang  masa yang akan datang, salah satu bentuk Pernyataan petani di kecamatan Panimbang, yang belum mau disebut namanya,  “Memang petani tidak mengerti soal politik, yang jelas bapak H. Erwan Kurtubi layak untuk mencalonkan dan dicalon kan oleh para Petani melalui mekanisme Partai Pengusung pada pemilihan Bupati Pandeglang secara langsung tersebut. Selain mudah ditemui juga dekat dengan kami petani” ujarnya, dan selain sosok beliau dekat dengan petani juga sangat dikenal dengan keramah tamahan dalam pergaulan sehari-hari, sehingga beliau sangat mudah ditemui dan diajak bicara oleh Masyarakat pada umumnya. Penampilan sederhana beliau membuat masyarakat menjadi simpatik akan figurnya, bahkan pencalonan beliau juga didukug oleh kalangan pemuda juga mulai membicarakan tentang figur H. Erwan Kurtubi, dimata mereka melihat sosok kesederhanaan H.Erwan Kurtubi yang dekat dengan kalangan bawah khususnya petani. Dan ini merupakan modal awal yang dimiliki H.Erwan Kurtubi.

“Ini bukti bahwa beliau berpihak kepada para petani, H.Erwan Kurtubi maju sebagai Bakal Calon Bupati pada PEMILUKADA Tahun 2010 diakui beliau bahwa dirinya di desak maju oleh masyarakat dan itu sudah dipertimbangkannya untuk maju pada pilbup mendatang, hanya majunya dirinya menjadi orang nomor satu di bumi Pandeglang ini atas dasar desakan dan permintaan dari masyarakat.

Aspirasi murni masyarakat petani dan Pemuda menginginkan H.Erwan Kurtubi maju pada Pemilukada 2010 nanti, merupakan aspirasi murni masyarakat, kalau memang itu yang dikehendaki masyarakat maka beliau siap akan maju mencalonkan diri sebagai Bupati Pandeglang. (iim-humas).

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Side Notes : Lahir dari Keluarga Petani, Bertekad Majukan Daerah

  1. ADE SAMSUL AEN berkata:

    Harapanku…………!, Mudah-mudahan Bapak H. Erwan Kurtubi benar-benar sebagai figur pembawa uswatun hasanah bagi seluruh lapisan masyarakat pandeglang, Bersih, Benar dan Amanah.adalah pimpinan yang kami dambakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s