PNPM Kabupaten Pandeglang Tahun 2010 Di Launching Hari Ini


Humas – Pandeglang (17/02)

PRESS REALESE :

PNPM KABUPATEN PANDEGLANG TAHUN 2010 DI LAUNCHING

Bupati saat meninjau Stand PNPM Mandiri

PANDEGLANG, Sebanyak 293 orang peserta hadiri Launching Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat  (PNPM) Mandiri yang dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pandeglang hari Rabu (17/02). Peserta yang terdiri dari Unsur-unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang, SKPD-SKPD yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Pandeglang, para Camat, para Kepala Desa/Kelurahan, Konsultan PNPM Mandiri dan Penerima Manfaat.

Acara diawali dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara Pemerintah Kabupaten Pandeglang dengan Panitia Kemitraan (PAKEM) Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) PNPM Mandiri P2KP Paket Kelurahan Cigadung Kecamatan Karangtanjung tentang Pemberian Hibah dari Pemerintah kabupaten Pandeglang kepada Panitia Kemitraan (PAKEM) PNPM-P2KP Kelurahan Kabayan untuk biaya penyelenggaraan kegiatan Panitia Kemitraan (PAKEM) PNPM-P2KP Paket Kabupaten Pandeglang Tahun 2010 dan Penandantangan Naskah Perjanjjian Hibah Daerah antara Kabupaten Pandeglang dengan BKM Pandeglang Jaya Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) PNPM Mandiri Kelurahan Pandeglang Kecamatan Pandeglang tentang Pemberian Hibah dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang kepada BKM Pandeglang Jaya PNPM-P2KP Kelurahan Pandeglang untuk biaya penyelenggaraan kegiatan BKM Pandeglang PNPM Kabupaten Pandeglang Tahun 2010.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan Penyerahan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) untuk Dana Daerah Urusan Bersama PNPM Mandiri Perdesaan dari Bupati kepada 30 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) yang secara simbolis diberikan kepada UPK Cipeucang, UPK Cimanuk, UPK Banjar, UPK Sumur dan UPK Saketi.

Adapun Dana Daerah Untuk Urusan Bersama (DDUB) / Cost Sharing yang disediakan Pemerintah Kabupaten Paneglang terdiri dari Luncuran Tahun 2009 sebesar 15,9 miliar dan tahun 2010 sebesar 14,8 Miliar dengan total sebesar 30,8 miliar.

Perkembangan Pelaksanaan dan hasil yang dicapai PNPM Mandiri di Kabupaten Pandeglang sampai dengan tahun 2009 terdiri dari : PNPM Mandiri Pedesaan : hasil pelaksanaannya berupa Sarana dan Prasarana Umum diantaranya Jalan, Jembatan, sarana pendidikan PAUD, Posyandu MCK dan Sarana Air Bersih. PNPM Mandiri Perkotaan terdiri dari Pembangunan Fisik yang berupa Tembok Penahan Tanah (TPT), Jalan rabat Beton (RBT), Drainase, Lapisan Penetrasi (Lapen), MCK, Jalan Paving Block dan Pembangunan Posyandu, sedangkan kegiatan sosial berupa Pelatihan Komputer, pelatihan menjahit, dan pelatihan pembuatan kompos, sedangankan kegiatan di bidang ekonomi telah membantu masyarakat dalam hal pengadaan sewa alat pertanian, ternak dan mampu membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya dibidang kerajinan rumah tangga atau home industri.  Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) PAKET lebih banyak kebidang Fisik seperti  Lapisan Penetrasi (LAPEN), Gorong-gorong, tembok Penahan Tanah, Pembangunan PAUD, Pengadaan meubeulair, Telford, Drainase, Jalan Lingkungan, Irigasi, Pipanisasi, hydrant dan MCK. PNPM Mandiri Kelautan Sarana Umum yang dapat dibangun melalui program ini yaitu MCK, Posyandu dan Bantuan Alat Tangkap. PNPM Mandiri Pariwisata hasil yang diperoleh berupa Pengadaan perahu wisata pancing, Bantuan alat kesenian tradisional dan Wisata Pantai serta wisata bawah laut berupa pengadaan alat-alat snorkling, sedangkan pada kegiatan komponen ekonomi berupa bantuan modal bergulir bagi pedagang disekitar tempat wisata. PNPM Mandiri Pengembangan Usaha Agrobisnis Perdesaan berbentuk Bantuan Penguatan Modal Usaha bagi masyarakat yang bergerak di bidang Agrobisnis Perdesaan. PNPM Mandiri PPIP hasil yang dapat dilakukan yaitu peningkatan jalan desa (perkerasan, penunjang jembatan, penunjang gorong-gorong, penunjang plat decker, lapen, vavling blok, drainase, rabat beton), air bersih dan irigasi pedesaan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pandeglang Aah Wahid Maulany saat memberikan laporannya pada acara Launching PNPM Mandiri yang dilaksanakan di Pendopo Pandeglang hari Rabu (17/02).

Sementara itu Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan bahwa ”Pemerintah Daerah untuk mempercepat sinergi berbagai upaya Penanggulangan Kemiskinan telah membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2009. Tugas TKPKD ini adalah menterpadukan dan mempercepat langkah-langkah nyata penanggulangan kemiskinan di Kabupaten/ kota” ujarnya.

”PNPM Mandiri yang lahir dari adanya kebutuhan untuk mengharmonisasi program-program Nasional penanggulangan kemiskinan berbasis Pemberdayaan Masyarakat, sehingga PNPM merupakan nama generik atau payung bagi sejumlah Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan masyarakat yang dimiliki oleh lebih dari 19 Departemen atau sektor. Saya sangat mendukung dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri ini, dimana organisasi masyarakat seniri menjadi peran utama sementara pemerintah tidak lagi sebagai provider yang dapat menyediakan semuanya.” lanjutnya. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s