Sebuah Catatan Pinggir Kehumasan


Minggu, 14 Februari 2010

SEBUAH CATATAN PINGGIR KEHUMASAN

Kami berusaha untuk terus Update

Bagaimana seharusnya praktisi kehumasan mengoptimalkan Internet untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang dapat memperburuk kredibilitas dan reputasi? Apa hubungannya dengan era “prosumer”?

Masa kini adalah era yang disebut sebagai era “prosumer”, yaitu ketika seseorang dapat menjadi producer sekaligus menjadi consumer informasi dalam waktu yang nyaris bersamaan. Hanya dengan bermodalkan mailing-list, blog, forum online ataupun status Facebook, siapapun bisa menjadi sumber informasi bagi pihak pihak lain, yang kemudian dilengkapi dan diteruskan oleh pihak lain sebagai sebuah efek domino yang berkelanjutan.

Bukan tidak mungkin era Internet kemudian dipercaya sebagai perwujudan dari konsep the wisdom of crowd. Inti dari the wisdom of crowd menyatakan bahwa agregasi informasi dari berbagai orang/kelompok akan dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik ketimbang dari segelintir orang/kelompok. Tren Web 2.0, yang notabene memungkinkan terjadinya dialog, saling berbagi informasi dan kolaborasi pengetahuan antar orang/kelompok di ranah maya dewasa ini memberikan dukungan yang kuat atas implementasi konsep the wisdom of crowd. Blog, Wiki, situs jejaring social Facebook, forum online, microblogging, situs berbagi foto Flickr, berbagi video YouTube atau bahkan sekedar fitur “komentar” pada bagian bawah suatu artikel/berita adalah bentuk nyata dari Web 2.0.

Lalu bagaimana mengoptimalkan Internet untuk berkomunikasi saat krisis? Pertama kali yang harus dipahami adalah strategi komunikasi saat krisis hendaklah tidak dirancang-bangun saat baru berhadapan dengan krisis. Jika itu yang terjadi, maka semua sudah terlambat. Strategi tersebut haruslah sudah ada sebagai sebuah persiapan untuk tindakan antisipasi dan pencegahan dampak yang lebih buruk atas suatu hal tertentu. Tiap pemangku kepentingan yang terlibat, haruslah mendefinisikan terlebih dahulu apa saja yang mungkin dapat mempengaruhi krebilitas pelayananan. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s