Kegiatan Bupati Hari Jum’at 12 Feb.2010


Humas – Pandeglang (12/02)

PRESS REALESE :

RANGKAIAN KEGIATAN BUPATI PANDEGLANG

HARI JUM’AT 12 Februari 2010

PANDEGLANG, Berikut ini adalah rangkaian kegiatan yang diikuti oleh Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi pada hari Jum’at 12 Februari 2010.

Pukul 08.00 : Pembinaan Pegawai di Dinas Pendidikan Kab. Pandeglang

Pembinaan Pegawai

Kegiatan Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi hari ini diawali dengan melakukan Silaturahmi sekaligus pembinaan pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang, kegiatan yang diikuti oleh seluruh CPNS, PNS, TKK dan TKS ini digelar di Aula (Oproom) Dinas Pendidikan.

Hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Undang Suryadi, Sekerataris Dinas Pendidikan A. Yani, Para Kabid, Kasubag dan Kasie di Dinas Pendidikan. Di acara tersebut Bupati selalu mengingatkan bahwa Undang-undang otonomi daerah yang sekarang ini adalah menitik beratkan pada pemerintah kabupaten, maka dengan demikian kesiapan aparatur pemerintah sangatlah penting sebagai bentuk tanggung jawab terhadap pelimpahan wewenang oleh pemerintah propinsi kepada pemerintah kabupaten. Mengingat betapa pentingnya eksistensi kesiapan kemampuan aparatur pemerintah daerah dalam menunjang pelaksanaan otonomi daerah maka senantiasa daerah hendaklah membina, menata, melatih aparatnya demi terwujudnya pemerintah yang benar-benar mampu mengurus urusan rumah tangganya sendiri ujarnya.

Pembentukan daerah otonom disamping untuk menciptakan pemerintah yang efektif dan efisien dimaksud juga untuk mendorong daerah tersebut dalam mengembangkan daerahnya, perkembangan daerah tersebut dalam mengembangkan potensi wilayahnya, sekaligus juga peningkatan status daerahnya tampa adanya campur tangan dari pemerintah pusat dan malah bukan menciptakan “raja-raja kecil” di daerah.

Pembinaan aparatur pemerintah didaerah baik yang berupa pembinaan karier maupun mental adalah sangat tepat sekali untuk menciptakan aparatur yang potensial dan berwibawa. Aparatur pemerintah daerah adalah merupakan roda bagi terselenggaranya pemerintahan yang mandiri dan bertanggung jawab. Kesiapan aparatur adalah merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan berhasil tidaknya suatu daerah dalam melaksanakan otonomi sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Pukul 10.00 : Pembukaan Diklat Prajabatan Gol I dan II di Hotel Marina Anyer

Suasana Prajab

Sebanyak 863 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang mengikuti Pra-Jabatan di Hotel Marina Anyer hari Jum’at (12/02), Prajabatan di Marina Anyer kali ini merupakan Angkatan Kedua untuk golongan I dan II, terdiri dari 62 orang golongan I dan 801 orang Golongan II. Kegiatan ini akan dilangsungkan dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 27 Januari 2010.

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, Kepala Badan Diklat Provinsi Banten Opar Sopari dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pandeglang Bai Sumarta, Para Widyaiswara dan Instruktur.

”Prajabatan merupakan syarat meningkatkan status CPNS menjadi PNS selain itu Diklat Prajabatan ini juga merupakan wahan peningkatan Profesionalisme Aparatur Pemerintah disamping membentuk sikap perilaku PNS yang terpuji. Pna itu pelaksanaan Prajabatan ini dilaksanakan atas kerjasama dengan Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Banten, oleh karena hal yang terkait dengan prasarana dan sarana diklat sepenuhnya dilaksanakan oleh Badan Diklat Provinsi Banten. Mengingat kapasitas tempat yang terbatas sebagian peserta ditempatkan di 3 tempat yaitu di Hotel Marina 200 orang, Hotel Mutiara Carita 400 orang dan Hotel Wira Carita 263 orang” demikian disampaikan Kepala BKD Pandeglang Bai Sumarta saat memberikan laporannya.

Sedangkan Kepala Badan Diklat Provinsi Banten Opar Sopari dalam sambutannya mengatakan bahwa ”Dalam Diklat ini akan terjadi proses Transfer pengetahuan dan sharing pengalaman, serta akan terjadi pula serangkaian interaksi yang saling mendukung dan menguatkan komitmen sebagai Aparatur Negara, sehingga nilai-nilai yang akan terjalin dalam pelaksanaan Diklat ini seperti kedisiplinan, kerjasama, keterbukaan hendaknya terus akan dikembangkan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari” ujarnya.

”Kepemimpinan saya sebagai Bupati saat ini yang baru beberapa bulan, menghadapi tantangan lumayan berat yaitu adanya keterbatasan anggaran sedangkan warisan pekerjaan rumah yang ada begitu banyak, dan salah satunya adalah begitu banyak CPNS yang blum Prajabatan, sedangkan menurut ketentuan apabila sudah lebih dari dua tahun belum prajabatan maka tentunya akan berakibat kepada dampak negatif keberlanjutan perubahan status CPNS yang bersangkutan, dan saya tidak menginginkan itu” ini diucapkan Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi saat menyampaikan sambutannya.

”Prajabatan CPNS adalah Keharusan untuk dilaksanakan, dan sebentar lagi apabila saudara-saudara berhasil melaksanakan Prajabatan ini akan ditindaklanjuti dengan proses penetapan SK PNS. Siapkah Saudara Menjadi PNS..?? Jika saudara siap, maka saya mengamanatkan untuk melaksanakan Diklat ini sebaik-baiknya karena dengan keterbatasan anggaran yang ada, Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah berusaha untuk memperjuangkan kegiatan ini, sementara masih banyak kebutuhan-kebutuhan penganggaran yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lainnya dan menjadi tanggung jawab saya sebagai Bupati” lanjutnya.

Pukul 13.30 : Pembukaan Diklat Prajabatan Golongan II di Hotel Wira Carita

Peserta Prajab

Kegiatan Prajabatan yang dilaksanakan ditempat ini adalah Diklat Prajabatan Golongan II yang sebagian diikutsertakan peserta Prajab dari Hotel Mutiara Carita. Diklat yang semula akan dibuka oleh Gubernur Banten Rt. Atut Chosiyah ini, karena ada acara yang tidak bisa ditinggalkan di Jakarta, maka pembukaannya dilaksanakan oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi didampingi oleh Assisten Administrasi Pemerintahan Provinsi Banten Apon Suryana dan Kepala Badan Diklat Provinsi Banten Opar Sopari.

Ditempat ini jumlah peserta yang hadir mencapi 600 orang terdiri dari 400 orang peserta yang mengikuti Prajabatan di Hotel Mutiara Carita dab 263 orang peserta yang mengikuti prajabatan di Wira Carita.

”Ada 13.800 orang CPNS di Provinsi Banten yang belum mengikuti Prajabatan, dan Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Pandeglang ternyata mampu melaksanakan Prajabatan, sehingga ada 1.958 orang CPNS di Pandeglang yang siap mengikuti Diklat ini. Hal ini tentunya merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan oleh Pemda Pandeglang guna mengurangi semakin banyaknya jumlah CPNS yang belum mengikuti Diklat Prajabatan. Mudah2an langkah ini akan dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota lain” ini disampaikan Kepala Badan Diklat Provinsi Banten Opar Sopari saat memberikan sambutannya.

Sementara itu Assisten Administrasi Pemerintahan Provinsi Banten Apon Suryana yang mewakili Gubernur dalam sambutannya mengatakan ”Masalah mendasar dalam memahami dan mengimplementasikan budaya kerja, adalah merupakan tugas berat yang harus ditempuh secara utuh dan menyeluruh dalam waktu panjang karena menyangkut proses pembangunan karakter, sikap, dan perilaku. Budaya kerja aparatur negara dapat diawali dalam bentuk nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, institusi, atau sistem kerja, sikap dan perilaku SDM aparatur yang melaksanakan. Interaksi antara ketiga unsur penting itulah yang sangat mempengaruhi pengembangan budaya kerja. Di samping faktor lingkungan yang sangat mempengaruhinya, unsur-unsur itu diinternalisasikan ke dalam setiap pribadi aparatur sehingga menghasilkan kinerja berupa produk dan jasa yang bermutu bagi peningkatan pelayanan masyarakat. Untuk mengimplementasikannya diperlukan perbaikan persepsi, pola pikir, dan mengubah perilaku yang dilakukan dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya kerja” ujarnnya.

Sedangkan Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengamanatkan : ”Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, saya minta saudara untuk senantiasa menciptakan dan menumbukan semangat dan motivasi kerja dalam upaya pencapaian prestasi kerja yang diharapkan. Tanamkan rasa mencintai dan memiliki suatu pekerjaan, karena dengan kecintaan terhadap pekerjaan akan melahirkan nilai tanggung jawab yang tinggi. Pegang teguh komitmen dan disiplin kerja guna mendorong terbentuknya etos kerja yang tinggi dalam rangka menghasilkan kualitas kerja yang memuaskan. Budayakan tertib kerja dengan selalu mengedepankan efisiensi, efektivitas waktu, sarana dan anggaran. Senantiasa curahkan pikiran, ide, gagasan untuk kemajuan dan kepentingan kemaslahatan umat, agama, bangsa dan negara. Pahamilah tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) saudara dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Hal itu sangat penting untuk menghindari kesalahan sekecil apapun, lebih-lebih pelanggaran atas peraturan perundang-undangan” ujarnya.

Pukul 15.00 : Penutupan Diklat Prajabatan Golongan III di Hotel Kharisma Labuan

Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan untuk Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang ini telah berlangsung sejak tanggal 24 Januari sampai dengan 12 Februari 2010, atau selama 216 jam pelajaran yang bertempat di Hotel Kharisma Labuan – Pandeglang dan diikuti oleh 379 orang peserta.

”Pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan sebagaimana yang tersusun pada jadwal, baik didalam kelas maupun diluar kelas. Kegiatan pembelajaran diawali dengan materi Dinamika Kelompok dan Team Building dengan pendekatan Out Bound yang menumbuhkan dinamisasi kelompok, pencairan suasana serta dapat membangun kerjasama tim yang pada akhirnya mendukung kelancaran proses pembelajaran” demikian disampaikan Salman selaku Penyelenggara Diklat Prajab Golongan III di Kharisma ini.

”Dapat kami sampaikan bahwa dari total 379 orang peserta, yang mendapatkan kualifikasi memuaskan sebanyak 44 orang atau 11,8%, Kualifikasi Baik Sekali 208 orang atau 55,67% dan kualifikasi Baik sebanyak 132 orang atau 33,25%. Hal ini sangat signifikan dengan hasil ujian komprehensif, ditambah dengan penilaian sikap dan perilaku, serta kedisplinan yang sangat baik yang ditunjukan para peserta yang mengindikasikan pelaksanaan penyelenggaraan Diklat Prajabatan Golongan III dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang Tahun 2010 dinyatakan BERHASIL dan dinyatakan SELURUHNYA LULUS” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang sebelum menutup acara ini menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan PEMILUKADA, ”Kita pada tahun ini akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah sehingga sebagai Pegawai yang baik dan sebagai pemilih yang cerdas, maka sudah selayaknya kita harus mampu berbuat yang terbaik bagi masyarakat. Pilihlah Pemimpin yang Amanah dari kalangan sendiri yang bisa membawa saudara dan masyarakat Pandeglang ke Arah yang lebih baik, Jangan mau dibodoh-bodohi oleh Janji Bakal Calon yang tidak pasti. Kita berharap agar Bupati yang dipilih adalah Bupati harapan masyarakat Pandeglang yang ”BERBENAH” (Bersih, Benar dan Amanah) sehingga Pandeglang dapat bangkit dan mampu mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lainnya.

Pukul 17.30 : Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi Melayat seorang Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang yang Meninggal Dunia.

Suasana di Mesjid Citeureup

Bertempat di Mesjid Citeureup, Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi turut serta meng-shalatkan almarhum Enjat Sudirjat seorang anggota DPRD Kabupaten Pandeglang dari Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB) yang meninggal dunia hari Jum’at 22 Februari 2010 sekitar pukul tiga sore. (iim-humas)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s