Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Gelar Panen Raya Padi Gogo


Humas – Pandeglang (11/02)

PRESS REALESE :

PANEN RAYA DAN GELAR INOVASI SL-PTT PADI GOGO

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Ir. H. Agus M. Tauhid, S. M.Si saat memberikan sambutan

PANDEGLANG, ”Menurut Laporan BPS (Angka Ramalan III Tahun 2009), produksi padi di Banten mencapai 1,86 juta ton gabah kering giling. Tingkat produksi ini dapat mencukupi kebutuhan beras bagi masyarakat Banten, bahkan terdapat surplus sebesar 66.823 ton setara beras. Meskipun produksi tersebut sebagian besar berasal dari padi sawah (94%), namun perhatian terhadap padi gogo/padi ladang (yang menyumbangkan produksi sebanyak 6%) tidak dapat dikesampingkan” demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Ir. H. Agus Tauhid pada acara Panen Raya dan Gelar Inovasi Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi Gogo di Kampung Ciapus Desa/Kecamatan Cibaliung Hari Kamis (11/02).

”Pemerintah Provinsi Banten memandang penting padi gogo/padi ladang karena beberapa pertimbangan : Usaha tani padi gogo/padi ladang merupakan warisan budaya leluhur banten, hal ini dapat dilihat pada tradisi masyarakat baduy dan masyarakat banten selatan, sebagian warga banten menggantungkan pemenuhan kebutuhan berasnya dari usaha tani padi gogo/padi ladang, masih terdapat potensi peningkatan produksi padi gogo/padi ladang yang pada gilirannya dapat menyumbang terhadap produksi regional dan nasional, Saat ini luas panen padi gogo/padi ladang mencapai 33.362 hektar (angka ramalan III BPS tahun 2009). Gempita ratu merupakan pola fikir dan pola tindak yang dimaksudkan untuk mendukung terwujudnya percepatan pembangunan pusat pertumbuhan dalam kerangka revitalisasi pertanian melalui penguatan struktur ekonomi berbasis agribisnis, dengan pendekatan kawasan, keterpaduan dan pemberdayaan masyarakat pertanian. Gempita ratu dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan produksi pertanian, mengurangi pengangguran, menekan angka kemiskinan, memenuhi kebutuhan pangan dan meningkatkan nilai tambah dan kemitraan usaha.” lanjutnya.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Pembenihan Departemen Pertanian RI Ir. Rahman Pinem, Assisten Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Banten H. Hidayat Djohari, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten Budi Prayogo, SE, Kepala Badan Ketahahan Pangan Provinsi Banten Hj. Neneng Nurcahyati, Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, Dandim 0601 Veri Sudianto, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Yesi Esmiralda, Ketua TP-PKK Kabupaten Pandeglang Hj. Siti Erna Nurhayati Erwan, Camat Cibaliung, Camat Cimanggu, Camat Sumur, Camat Cigeulis, Tokoh-tokoh Masyarakat dari 4 Kecamatan dan Kelompok-kelompok Tani dari 4 kecamatan.

Kegiatan ini diawali dengan pemotongan padi gogo, dilokasi panen raya padi gogo di Desa Cibingbin Kecamatan Cibaliung. Lokasi yang merupakan Laboratorium Lapang (LL)  Petak 76 RPH Cibingbin BKPH Cikeusik KPH Banten ini ditujukan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani padi gogo, perbaikan paket teknologi budidaya padi gogo petani, menyeleksi varietas padi gogo sesuai dengan lokadi dan merupakan masukan paket teknologi SL-PTT Padi gogo. Ada beberapa jenis varietas unggul padi gogo yang ditanam disini, diantaranya Situ Bagendit, Situ Patenggang, Batutegi,Limboto dan Varietas populer Petani.

Sementara itu Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dalam sambutannya mengatakan ”Potensi luas lahan padi gogo di Kabupaten Pandeglang yaitu 24.178 Ha, sedangkan luas panen baru mencapai 18.955 ha, sehingga masih terdapat 5.223 ha lahan padi gogo yang belum termanfaatkan secara optimal. Dimana teknologi yang dikembangkan pada lahan ini juga masih sederhana sehingga tingkat produktivitasnya masih rendah. Oleh karena itu atas nama Pemerintah dan Masyarakat Pandeglang mengucapkan terima kasih kepada Balai Penelitian Tanaman Padi Sukamandi yang telah menerapkan inovasi SL-PTT padi gogo di Kabupaten Pandeglang, serta kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten atas fasilitasi dan kerjasamanya dalam penerapan SL-PTT Padi gogo khususnya di Kecamatan Cibaliung” ujarnya.

”Namun demikian didalam pelaksanaan pembangunan pertanian khususnya padi gogo, beberapa kendala dan masalah selalui ditemui diantaranya Infrastruktur Pertanian yang belum memadai, Asupan teknologi yang digunakan masih rendah, teknik budidaya belum mengikuti  Pola Konservasi Lahan sehingga berpengaruh pada produktivitas, rendahnya kemampuan petani dalam memenuhi kebutuhan SAPRODI sehingga produksi yang dihasilkan kurang optimal. Namun hal tersebut mudah-mudahan dapat teratasi dengan adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah serta peran pihak swasta” lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan bantuan dari Gubernur Banten berupa Bantuan Biogas sebanyak 1 Unit yang diberikan kepada Kelompok Tani Mukti Mandiri, Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) SL-PTT Provinsi Banten Tahun 2010 berupa Padi Non Hibrida untuk 65.000 hektar sebanyak 1.625.000 Kg, Padi Hibrida untuk 800 Hektar sebanyak 12.000 Kg, Padi Lahan Kering untul 6.650 Hektar sebanyak 166.250 Kg, Jagung Hibrida untuk luas 1.050 Hektar sebanyak 15.790 Kg dan Kedelai untuk luas 4.600 Hektar sebanyak 184.000 Kg. Selain itu diserahkan juga souvenir sample produk olahan dan leaflet dari Badan Litbang Pertanian melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten Departemen Pertanian kepada Gubernur Banten. (iim-humas)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Gelar Panen Raya Padi Gogo

  1. Ir.FX. PJ Guntoro MSi,PU-SDA berkata:

    Peningkatan yang sangat bagus pada lokasi-lokasi percontohan,
    dapatkah kami mendapat informasi tentang hasil produksi (ton/ha) untuk perbandingan antara padi gogo biasa, demplot dan padi beririgasi seperti di DI Cibaliung.
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s