Bupati Resmikan Hasil Keg. DISTANBUN TA.2009 & Penyerahan Kegiatan Prima Tani BPTP Banten


Humas – Pandeglang (08/02)

PRESS REALESE :
“BUPATI RESMIKAN KEGIATAN DISTANBUN TA.2009 DAN PENYERAHAN KEGIATAN PRIMA TANI BPTP BANTEN ”

Gunting Pita Sarana dan Rumah Kompos Kelompok Tani Tri Bakti Desa Pasirsedang Kecamatan Picung

PANDEGLANG, ”Pandeglang yang dipilih sebagai salah satu kawasan Prima Tani yaitu di kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari harus melanjutkan teknologi Prima Tani sehingga masyarakat mampu menjalankan usahanya dengan hasil yang optimal. Kaedah-kaedah budidaya Sistem Pascapanen dan pengolahan harus dilaksanakan secara Baik dan tepat agar manfaat yang diperoleh dapat diwujudkan dengan maksimal. Oleh karena itu kegiatan Prima Tani yang positif ini harus ditindaklanjuti pelaksanaannya oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang dan para stakeholder lainnya.

Sebagaimana kita ketahui kegiatan Prima tani ini pada Tahun 2009 merupakan tahun terakhir pelaksanaan maupun pembinaannya yang dilakukan oleh BPPT Banten dan tahun 2010 harus diserahkan pengelolaannya kepada Pemerintah Daerah” demikian yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang pada saat menyampaikan laporannya ketika Peresmian Kegiatan Dinas Pertanian dan Perkebunan Tahun Anggaran 2009 dan Penyerahan Kegiatan PRIMA TANI Banten hari Senin (08/02).

”Banyak hal yang telah kita buat dan kita capai harus kita pertahankan dan perlu kita lanjutkan. Prima Tani yang telah digagas dan dipelopori oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Balitbang Departemen Pertanian sebagai salah satu kegiatan yang menerapkan Pola Pertanian Terpadu (Integrated Farming System) dengan sistem teknologi yang lebih maju menunjukan hasil yang sangat memuaskan” lanjutnya.

Hadir dalam acara tersebut selain Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, juga Kepala Dinas Pertanian dn Perkebunan Kabupaten Pandeglang Drh.Cahyan Sofyadi, Muspida, Direktur Pengolahan Lahan Departemen Pertanian RI Ir. Amir Hartono, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten Ir Meiwa Ariani, MS.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MOU Penyerahan Kegiatan Prima Tani dari BPTP Banten kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang dan Penandatanganan prasasti kegiatan pembangunan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2009 yaitu : Penandatanganan Prasasti Kegiatan Sarana dan Rumah Kompos yang anggarannya berasal dari APBN Tugas Pembantuan lokasinya di Kecamatan Picung, Penandatanganan Kegiatan Gedung dan Sarana Grading dan Packaging House Sayuran yang berlokasi di Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari, Penandatanganan Prasasti Gedung dan Sarana RMU serta Lantai Jemur di Kecamatan Carita dan Penandatanganan Sarana Kelapa Terpadu yang berlokasi di Desa Kadubungbang Kecamatan Cimanuk.

”Saya yakin dan percaya yang hadir pada hari ini merupakan Inspirator dan motivator serta penggerak pembangunan pertanian di daerahnya masing-masing. Dengan adanya sarana prasarana pertanian dan perkebunan ini, Insya Allah bisa menjadi lebih kreatif dalam menciptakan berbagai komoditas / produk hasil pertanian dan perkebunan di daerahnya. Kebersamaan adalah kunci keberhasilan suatu perjuangan tanpa semangat kebersamaan apa yang kita inginkan sangat tidak mungkin tercapai, namun kalau kita bersatu padu saling berbagi informasi, kolektif dan saling mendukung Insya Allah kita akan lebih produktif, maju dengan produk yang berdaya saing dan kompetitif” demikian yang disampaikan Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi saat memberikan sambutannya.

”Namun kita menyadari bahwa pembangunan yang kita lakukan tidak mungkin dilaksanakan dengan lompatan. Lompatan diluar kemampuan kita, namun dilakukan dengan cara-cara yang logis, terencana, tentunya ada prioritas mana yang harus didahulukan sesuai kemampuan Pemerintah Daerah agar semua sektor dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Contoh konkrit kemajuan di Bidang Pertanian adalah Tataran Hulu (On Farm) telah menunjukan hasil yang menggembirakan karena trend produksi menunjukan angka peningkatan dan angka surplus berkelanjutan setiap tahun kita capai, namun itu bukan untuk diam dan berpuas diri akan tetapi harus kita pompa lagi semangat kita agar ouput yang akan kita hasilkan menjadi maksimal dan pada akhirnya produktivitas hasil akan meningkat secara maksimal pula” lanjutnya.

Di akhir acara Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi langsung meninjau lokasi peresmian diantaranya di Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari untuk meninjau Gedung dan Sarana Grading dan Packaging House Sayuran yang berlokasi di Kelurahan Sukaratu Kecamatan Majasari, Sarana dan Rumah Kompos Kelompok Tani Tri Bakti Desa Pasirsedang Kecamatan Picung dan Sarana dan Rumah Kompos Kelompok Tani Putra Cikaung Desa Palurahan Kecamatan kaduhejo. (iim-humas)

Photo-photo Peninjauan ke  Lokasi Hasil Kegiatan Distanbun Tahun 2009

(Klik untu memperbesar)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s