Proyek Perkebunan Jagung ditinjau BPPT


Humas – Pandeglang (04/02)

PRESS REALESE :

Proyek Perkebunan Jagung ditinjau BPPT

Rapat yg dilaksanakan di Kec. Cibitung

PANDEGLANG, PT Nindya Laksana Bhakti sebagai sebuah perusahaan nasional yang memiliki tenaga yang berpengalaman dibidang studi rencana untuk meningkatkan usaha pertanian terpadu dikawasan-kawasan pertanian yang memiliki potensi untuk ditingkatkan menjadi kawasan usaha tani yang lebih produktif. Dengan demikian, maka peran kawasan-kawasan pertanian tersebut akan dapat ditingkatkan, sehingga dapat memberikan tambahan sumbangan peningkatan pendapatan bagi masyarakat petani.

Proyek Perkebunan Jagung ini akan merupakan proyek pembangunan usaha Tani terpadu tanaman jagung yang pada saat ini sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Integrated Corn Industry yang merupakan perusahaan afiliasi PT Nindya Laksana Bhakti yang membutuhkan bahan baku berupa jagung pipilan sebanyak 1.000 ton / hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka luas lahan yang direncanakan akan dibangun meliputi areal kurang lebih 20.000 ha yang akan dibangun secara bertahap.

Proyek yang ini direncanakan akan dibangun di Kecamatan Cikeusik, Cimanggu dan Cibitung. Berdasarkan pengamatan sementara, lokasi tersebut cocok untuk dikembangkan menjadi wilayah proyek tanaman jagung terpadu, karena memiliki kesesuaian lahan seperti keadaan tanah, iklim dan aksesibilitas yang cukup baik. Kawasan tersebut dapat dicapai dengan jalan melalui Jalan Raya Cikeusik dengan mobil sampai ke lokasi, dalam waktu kurang lebih 6 jam ke Cilegon (tempat domisili Integrated Corn Industry).

Oleh karena kondisi jalan yang kurang baik saat ini, maka PT Nindya Laksana Bhakti merencanakan akan membangun pelabuhan bongkar muat dipantai selatan, karena hasil produksi dikirim melalui laut ke Integrated Corn Industry yang berlokasi di Pantai Cigading Kota Cilegon.

Hal ini terungkap saat Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Pandeglang mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Desa di 3 kecamatan yang akan menerima proyek tersebut. H. Djaja Suardja Kepala BPPT mengatakan bahwa pertemuan ini dimaksudkan untuk verifikasi lahan yang akan digunakan, saya berharap luas lokasi yang termuat didalam proposal Permohonan Ijin Lokasi yang diajukan PT Nindya Laksana Bhakti benar-benar valid ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut selain Kepala BPPT H. Djaja Suardja juga Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, Asisten Administrasi Umum H. Tb. Sudrajat, Kepala Bagian Humas H. Encep Suryadi, Direktur PT. Nindya Laksana Bhakti Felix N. Tanudjaja dan Adi Widjaja. Dalam pertemuan ini dibahas tentang rencana lokasi proyek dan luasannya, setelah melalui verifikasi maka didapatkan angka luasnya sebagai berikut : Kecamatan Cikeusik terdiri dari 5 Desa yaitu Desa Tanjungan 2000 ha, Sukawaris 500 ha, Sumurbatu 500 ha, Parungkokosan 1.260 ha dan Sukamulya 550 ha. Kecamatan Cikeusik terdiri dari 2 desa yaitu Desa Umbulan 1000 ha dan Desa Cikeusik 100 ha. Kecamatan Cibitung terdiri dari 8 desa, Desa Sindangkerta 300 ha, Manglid 500 ha, Cikiruh 500 ha, Kiarapayung 500 ha, Kutakarang 1000 ha, Citeluk 500 ha, Kiarajangkung 500 ha dan Malangnengah 300 ha. Sedangkan Kecamatan Cimanggu jumlah Desa yang terkena proyek ini sebanyak 8 desa terdiri dari Desa Rancapinang 300 ha, Cibadak 300 ha, Batuhideung 600 ha, Kramatjaya 450 ha, Padasuka 300 ha, Cijaralang 2000 ha, Mangkualam 250 ha dan Tangkilsari 300 ha.

Direktur PT. Nindya Laksana Bhakti Felix N. Tanudjaja dalam tanggapannya mengenai perubahan luas proyek ini mengatakan bahwa ”Maksud proyek ini dilaksanakan adalah tiada lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar proyek perkebunan ini, disamping turut serta mengambil bagian dalam pelaksanaan kebijaksanaan Pemerintah yang sedang berupaya memberdayakan ekonomi kerakyatan dengan jalan memberikan kesempatan usaha kepada perusahaan kecil, memusatkan dan meningkatkan kegiatan usaha di daerah-daerah serta mengadakan lapangan kerja ujarnya. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

3 Balasan ke Proyek Perkebunan Jagung ditinjau BPPT

  1. acer berkata:

    saya sebagai warga pandeglang menyambut baik atas proyek penanaman jagung terima kasih

  2. agripreuner berkata:

    halah..nyontek..ide PT agripreuner management group nya joinan USA & IPB..

  3. Endy Ardhie berkata:

    Great post… Thanks for share😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s