Sosialisasi dan Pendistribusian Kartu Peserta ASKES


Humas – Pandeglang (01/02)

PRESS RELEASE :

“Sosialisasi dan Pendistribusian Kartu Peserta ASKES ”

Pembagian Kartu Askes

PANDEGLANG,  Dalam rangka meningkatkan pelayanannya PT. Askes (Persero) Kabupaten Pandeglang membagikan 49 ribu Kartu Askes di Pendopo Kabupaten Pandeglang, Senin (01/02). Kartu Askes adalah Kartu Identitas / Bukti Sah yang wajib dimiliki oleh peserta dan anggota keluarganya yang tidak dapat dipindahtangankan dan berlaku secara nasional, yang diterbitkan oleh PT Askes Cabang atau di Kabupaten / Kota sesuai dengan domisili peserta.

Proses memperoleh Kartu Askes adalah dengan cara mengisi Daftar Isian Peserta dan melampirkan SK. Terakhir / SK Pensiun Asli, Surat Nikah, Kartu Tanda Penduduk, Surat Keterangan dari sekolah / perguruan tinggi (bagi anak yang berusaha lebih dari 21 tahun dan dibawah 25 tahun), Daftar Gaji atau Surat Tanda Bukti Penerima Pensiun (STBPP), pas photo 2 X 3, kecuali anak usia Balita, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran Anak.

Pelayanan kesehatan yang dijamin PT. Askes (Persero), diantaranya Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama, Pelayanan Kesehatan Tingkat Lanjuta, Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) di Rumah Sakit Pemerintah / TNI / Polri dan RS. Swata yang bekerjasama dengan PT Askes, Persalinan di Puskesmas dengan tempat tidur Rumah Sakit, Bidan, Rumah Sakit, Pelayanan Transfusi Darah, Pelayanan Obat dan Pelayanan Alat Keehatan.

Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama melingkupi konsultasi medis dan penyuluhan, pemeriksaan, pengobatan dan tindakan medis kecil sederhana, Pemeriksaan Laboratorium Sederhana (bila bersedia), pemeriksaan, pengobatan gigi, pencabutan dan tambal gigi. Pemeriksaan ibu hamil, nifas, menyusui, bayi dan anak balita. Upaya penyembuhan efek samping keluarga berencana. Pemberian obat-obatan. Pemberian Surt Rujukan ke Rumah Sakit.

Sedangkan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan meliputi Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) di Poliklinik Specialis Rumah Sakit dan pelayanan Gawat Darurat (UGD) / Emergency di UGD Rumah Sakit dan Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) di Rumah Sakit Pemerintah / TNI / Polri dan Rumah Sakit Swasta yang bekerjasama dengan PT Askes meliputi perawatan dan akomodasi, pemeriksaan, pengobatan dan perawatan oleh dokter specialis atau dokter sub spesialis. Pemeriksaan penunjang diagnostik, tindakan medis operatif dan non operatif, perawatan ICU, ICCU, pelayanan rehabilitasi medis dan pembelian obat-obatan.

Ada beberapa pelayanan yang tidak bisa ditanggung oleh PT Askes diantaranya pelayanan yang tidak sesuai prosedur dan ketentuan, Bahan, alat, obat dan tindakan yang bertujuan untuk kosmetika, Check up dan General Check up, semua jenis imunisasi selain imunisasi dasar bagi ibu hamil dan balita, pemeriksaan, alat dan obat untuk mempunyai anak, sirkumsisi tanpa indikasi medis, usaha meratakan gigi (ordontentie) dan membersihkan karang gigi (scalling), kasus-kasus ketergantungan obat, alkohol dan zat adiktif lainnya, penyakit akibat upaya bunuh diri / dengan sengaja menyakiti diri, pelayanan kursi roda, tongkat penyangga korset dan lain-lain. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Sosialisasi dan Pendistribusian Kartu Peserta ASKES

  1. priagoenks berkata:

    wah kartu akses ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s