PLTU Labuan diresmikan


Humas – Pandeglang (Kamis, 28/01)

PRESS REALESE :

PLTU LABUAN HARI INI DIRESMIKAN

Presiden RI Saat Meresmikan PLTU 2 Labuan

PANDEGLANG, Hari ini, PLTU Labuan diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyon (SBY), PLTU yang dibangun di Desa Cigondang Kecamatan Labuan ini berkapasitas 2×300 megawatt (MW). Setelah PLTU Labuan unit 1 berkapasitas 300 MW masuk ke sistem interkoneksi Jawa-Bali pada Juli 2009, maka unit 2 berkapasitas 300 MW akan masuk sistem pada akhir Desember 2009. PLTU Labuan merupakan bagian dari proyek percepatan PLTU berbahan bakar batu bara 10.000 MW tahap I.

Perkembangan ini menjadi dasar pembangunan 10 PLTU di Jawa-Bali dan 25 PLTU di luar Jawa-Bali guna mengejar kekurangan pasokan listrik sampai beberapa tahun ke depan. Tambahan pasokan listrik di Jawa-Bali pada 2010 dari PLTU 10.000 MW tahap I akan mencapai 3.900 MW. Sedangkan di luar Jawa-Bali, maka akan diperoleh pasokan tambahan sebesar 121 MW pada 2010.

PLTU Labuan dan Rembang, Kedua PLTU ini siap beroperasi pada akhir Desember. Proyek ini akan menjadi contoh pertama dalam proyek 10.000 MW tahap I.

Pada tahun depan diharapkan sekitar 50 persen dari 35 unit proyek PLTU, baik di Jawa, Madura, dan Bali, maupun di luar Jawa, bisa diresmikan.

Pada 2010 akan bisa diresmikan hampir 50 persen dari 35 proyek PLTU, di mana pembangunan 11 PLTU di antaranya mencapai 50 persen. Lainnya seperti PLTU Indramayu, bahkan pengerjaannya sudah di atas 80 persen

Pengoperasian PLTU Labuan akan menambah pasokan listrik ke sistem interkoneksi Jawa-Bali. Selain menunjang diversifikasi energi ke nonbahan bakar minyak (non-BBM) dengan memanfaatkan batu bara, pembangkit ini juga bertujuan menekan harga pokok produksi (HPP) listrik. Jika PLTU Labuan beroperasi, maka bisa menghemat BBM Rp 4 triliun per tahun. PLTU Labuan bisa menghemat pemakaian BBM per tahunnya masing-masing unit mencapai Rp 2 triliun. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke PLTU Labuan diresmikan

  1. yogi setiawan berkata:

    assalamu alakum wr,wb………. kapan pembukaan lowongan pekerjaan di buka. soalnya saya nganggu r…………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s