Rapat Koordinasi


Humas – Pandeglang (26/01)

PRESS RELEASE :

“Rapat Koordinasi Pembahasan Rencana Kawasan Strategis dan Zona Regulation di Kabupaten Pandeglang”


PANDEGLANG, Untuk menunjang Pembangunan Wilayah Tengah Pandeglang, Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang telah mengukuhkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2002 tentang Rencana Kawasan Pariwisata Tanjung Lesung dengan peruntukan lahan seluas 1500 Ha. Kawasan Pariwisata Tanjung Lesung merupakan kawasan yang potensial untuk dibangun dan dikembangkan, dengan Rencana Strategis Pengembangan Kawasan yang dijalankan kepada Pengembang Investasi yang memperoleh Ijin dari Pemerintah Kabupaten Pandeglang diharapkan dapat mencapai keseimbangan dan keserasian lingkungan kawasan dan peraturan pola pengembangan dalam kawasan sehingga tercapai pemanfaatan kawasan secara optimal, hal ini terungkap dalam Rapat Koordinasi Pembahasan Rencana Kawasan Strategis dan Zona Regulation di Kabupaten Pandeglang hari Selasa (26/01)

Rapat yang dilaksanakan di Oproom III ini dihadiri oleh Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi, Wakil Ketua DPRD Tengku Abdurohman, perwakilan Kodim, Komisi Dua dan Tiga DPRD Kabupaten Pandeglang, Staf Ahli Pembangunan, Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan, Per wakilan Bappeda Provinsi Banten, Kepala Dinas Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan, Perwakilan Dinas Pekerjaan Umum, Perwakilan Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Perwakilan BPPT, Perwakilan BPN, Perwakilan TNUK, Kepala Bagian Hukum, Camat Panimbang, Camat Sumur, PT Banten West Java dan PT Griya Sukses Mandiri / Pulau Umang.

Dengan terbitnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, maka dipandang perlu untuk meninjau ulang keberadaan Kawasan ini agar menjadi Kawasan Strategis dan Zone Regulation di Kabupaten Pandeglang. Ada beberapa pengembang yang saat ini mengelola kawasan Tanjung Lesung seperti PT. Banten West Java dengan luas lahan 1.500 Ha, PT Pradita Prima P 200 Ha, PT Rumpun Bambu 30 Ha, PT Andalan Bhakti 100 Ha, PT Bina Pusaka P 150 Ha, PT Catur Kartyasa P 50 Ha, PT Kalapa Koneng 50 Ha dan PT Syafiera Amalia 270 Ha.

“Sasaran Rencana Pengembangan Kawasan ini dengan harapan akan tertatanya kawasan yang berfungsi Lindung dan Budaya, Tertatanya Sistem Transportasi, Tertatanya Sarana dan Prasarana Fasilitas Ekonomi, Sosial dan Budaya dan Tertatanya Pemukiman Penduduk Pedesaan. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, maka Penetapan Kawasan strategis Pariwisata harus tetap memperhatikan aspek Sumber Daya Pariwisata Alam dan Budaya yang potensial menjadi daya tarik Wisata, mempertimbangkan potensi pasar dan lokasi strategis yang berperan menjaga persatuan bangsa dan keutuhan wilayah” demikian yang disampaikan Hasahatan Kepala Dinas Tata Ruang, Kebersihan dan Pertamanan.

“Pembangunan Kepariwisataan dapat dijadikan sarana untuk menciptakan kesadaran akan identitas nasional dan kebersamaan dalam keragaman. Pembangunan kepariwisataan yang dikembangkan dengan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan yang berorientasi pada pengembangan wilayah, bertumpu kepada masyarakat, dan bersifat memberdayakan masyarakat yang mencakupi berbagai aspek, seperti sumber daya manusia, pemasaran, destinasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, keterkaitan lintas sektor, kerjasama antar negara, pemberdayaan usaha kecil serta tanggung jawab dalam pemanfataan sumber kekayaan alam dan budaya” demikian sambutan Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dalam pengantarnya membuka acara ini.

“Pembangunan Pemasaran Pariwisata dapat dilaksanakan dengan pemasaran pariwisata bersama, terpadu dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan serta pemasaran yang bertanggung jawab dalam membangun Citra Indonesia khususnya Citra Kabupaten Pandeglang sebagai Destinasi Pariwisata yang berdaya saing” lanjutnya. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s