Penyerahan Bantuan Stimulan


Humas – Pandeglang (23/01)

PERS REALESE :

“PENYERAHAN BANTUAN STIMULAN KEMENTRIAN PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL”

PANDEGLANG, “Peraturan Presiden No 9 Tahun 2005 merumuskan kebijakan pembangunan dan merekomendasikan imlementasi pembnagunan nasional di daerah tertinggal”

Dalam strategi Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal telah ditetapkan lima program prioritas pembangunan derah tertinggal yaitu program pembangunan ekonomi lokal, program pemberdayaan masyarakat dan pengembangan daerah perbatasan, Program pengembangan Sarana dan Prasarana dan Program rehabilitasi bencana.

Salah satu perwujudan dari program pembangunan ekonomi lokal adalah kegiatan percepatan pembangunan kawasan produksi. Salah satu bentuk perwujudannya Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal RI memberikan Bantuan Stimulan untuk Kelompok Masyarakat Pengrajin Bambu “KIARA FLOWER” Desa Sobang Kecamatan Sobang dan Pengrajin Emping “SAHATE” Desa Bangkuyung Kecamatan Cikeudal Hari Sabtu (23/01) di Kantor Desa Sobang.

Hadir pada kesempatan tersebut selain Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi juga Assisten Deputi UMKM Kementrian Pembangunan daerah Tertinggal RI Drs. Endang Suwandi, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pandeglang Hj. Tatu Suwagiharti, Camat Sobang Puji Widodo, Camat Cikeudal Hifni, Muspika, Tokoh Masyarakat dan anggota Kelompok Masyarakat Pengrajin Bambu “KIARA FLOWER” Desa Sobang dan Pengrajin Emping “SAHATE” Desa Bangkuyung.

Bantuan yang diberikan untuk pengrajin bambu “KIARA FLOWER” berupa Mesin Bubut, Kompresor, Mesin Ketam Listrik, Gergaji Listrik, Bor Listrik, Pahat, Palu, Pisau Ukir, Spray dan Gurinda senilai 90 juta. Sedangkan bantuan yang diberikan kepada Kelompok Masyarakat Pengrajin Emping Desa Bangkuyung berupa Mesin Steler, Kompos Gas, Tabung Gas, Mesin Sablon Plastik, Penggorengan, Alat Jemur, Penumbuk Emping dan Mesin Press senilai 55 juta.

“Perlu kiranya Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (KNPDT) dan mitra kerjanya memilih pendekatan pembangunan masyarakat yang pas agar program Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat di daerah tertinggal membuahkan hasil maksimal. Pendekatan yang nantinya dipilih sebaiknya tidak memosisikan masyarakat sebagai objek sasaran semata, melainkan dijadikan mitra aktif (baca: subjek) yang menyadari kondisi keterbelakangan atau ketertinggalan mereka” demikian Sambutan Assisten Deputi Kementrian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Drs. Endang Suwandi.

“Kesadaran masyarakat tertinggal akan ketertinggalannya dibutuhkan agar bantuan ekonomi yang diberikan tepat sasaran dalam arti tidak disalahgunakan. Pendekatan partisipatif yang dimaksud adalah memosisikan masyarakat tertinggal sebagai subjek aktif yang sadar dan bekerja bersama untuk bangkit dari keterbelakangan atau ketertinggalan mereka. Jangan sampai bantuan-bantuan ekonomi serta-merta diberikan, sedangkan masyarakat yang menerimanya tidak paham dan sadar untuk apa bantuan tersebut” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi dalam sambutannya, mengharapkan agar kelompok-kelompok masyarakat yang menerima bantuan ini dapat menggunakan bantuan ini secara maksimal sehingga potensi ekonomi pedesaan dapat meningkat ujarnya. “Dari 365 Desa yang ada di Kabupaten Pandeglang, ada 142 Desa yang tergolong Desa Tertinggal, oleh karena itu saya minta kepada seluruh aparatur agar terus meningkatkan pengabdiannya agar ketertinggalan daerah-daerah ini dapat dikurangi. Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pandeglang saya harapkan agar terus memberikan bantuan, bimbingan dan evaluasi terhadap penggunaan bantuan-bantuan yang telah diberikan ini” lanjutnya,

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s