Audiensi Pupuk Bersubsidi


Humas – Pandeglang (20/01)

PERS REALESE :

AUDIENSI DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI

PRODUKSI PT PUPUK KUJANG

NPK DAN PUPUK ORGANIK


“Pada tahun 2009 Kabupaten Pandeglang mendapat alokasi Pupuk bersubsidi yaitu Urea 30.428 Ton, SP-36 10.146 ton, ZA 2.034 ton, NPK 10.145 ton, Organik 7.084 ton. Dari hasil evaluasi penyaluran dan penerusan Pupuk Bersubsidi terhadap padi sawah sampai dengan Desember 2009. Ternyata angka penyerapan Urea 85%, Superphos 46%, ZA 17%, BPK 90%, Organik 45 %. Secara umum hanya NPK yang dapat terserap dengan baik dikarenakan petani padi sawah mulai beralih kepada Pupuk Majemuk yang lebih praktis dan urea lebih banyak digunakan sebagai penambah pada saat Pupuk Dasar dan Pupuk Susulan” demikian disampaikan oleh Drh. H. Cahyan Sofyadi, MSc. MM pada saat Audiensi Distribusi Pupuk Bersubsidi Produksi PT Pupuk Kujang di Oproom III hari Rabu (20/01).

“Sampai saat ini Pupuk Bersubsidi yang dialokasikan di Kabupaten Pandeglang keadaannya dilapangan mencukupi untuk musim tanam 2009/2010, serta dalam pengawasannya dilapangan selalu didampingi oleh Petugas yang tergabung dalam KOMPES (Komisi Pupuk dan Pestisida) sehingga pupuk bersubsidi ini dapat benar-benar digunakan sesuai peruntukannya” lanjutnya.

Sementara itu, H. Amir Hermansyah perwakilan dari PT PUPUK KUJANG mengemukakan bahwa “Masih terdapat kendala dan masalah yang dihadapi dalam penyerapan Pupuk Bersubsidi ini, diantaranya adalah Pada tingkat pengecer atau Kios-kios pupuk masih terdapat perlakuan yang tidak proporsional terhadap pupuk-pupuk bersubsidi khususnya produk PT. Pupuk Kujang dari Produsen-produsen Pupuk lainnya” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut selain Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang Drh. H. Cahyan Sofyadi, MSc. MM, Perwakilan dari PT PUPUK Kujang dan para distributor dan para pengecer Pupuk di Kabupaten Pandeglang.

“Pandeglang yang merupakan salah satu Kabupaten dimana Pertumbuhan penduduknya ditunjang oleh Sektor Pertanian dan Perkebunan yang sangat dominan, maka berbagai upaya dilakukan untuk peningkatan produktivitas Pertanian dan Perkebunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, sehingga pada gilirannya peningkatan kesejahteraan Petani dapat tercapai. Sebagai Fasilitator Pemerintah Kabupaten Pandeglang sangat responsif terhadap berbagai Inovasi Teknologi hulu maupun hilir, serta investor yang berperan terhadap peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan sehingga pembangunan pertanian dan perkebunan lebih dinamis, berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dalam sistem budidaya yang intensif Pupuk merupakan salah satu komponen produksi dalam peningkatan prooduktivitas pertanian dan perkebuna. Dimana kebutuhan akan pupuk selalu meningkat seiring dengan kebutuhan akan pangan yang selalu meningkat. Tetapi ketersediannya sampai saat ini sering menjadi kendala dimana dalam perencanaan kebutuhan dab managemen penyaluran perlu mendapat perhatian yang serius” demikian sambutan Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi dalam pembukaan Audiensi Distribusi Pupuk Bersubsidi Produksi PT Pupuk Kujang di Oproom III hari Rabu (20/01).

“Mengenai kebijakan Pupuk Bersubsidi, berdasarkan Keputusan Gubernur Banten pada tahun 2010 Kabupaten Pandeglang mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi yaitu : Urea 36.276 ton, SP-36 9.137 ton, ZA 1.238 ton, NPK 12.409 ton, Organik 11.858 ton. Dimana Pupuk Bersubsidi ini diperuntukan untuk menunjang peningkatan produktivitas tanaman Pangan, Holtiluktura, Perkebunan Rakyat, Peternakan dan Perikanan” lanjutnya.

Diakhir acara Bupati Pandeglang H. Erwan Kurtubi disaksikan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Drh. H. Cahyan Sofyadi, MSc. MM menandatangani Surat Keputusan Pandeglang tentang Alokasi Pupuk Bersubsidi pada Sektor Pertanian di Wilayah Kabupaten Pandeglang untuk Tahun 2010. (iim-humas)

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s