Penangkaran Rusa


Humas – Pandeglang (19/01)

PERS REALESE :

SEMINAR SOSIALISASI PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

PENANGKARAN SATWA RUSA (RUSA TIMORENSIS)

Bupati Pandeglang berharap “Mudah-mudahan niatan dari masyarakat Pandeglang yang diprakarsai Manajer PT. Cas Water Park, Cikole bekerjasama dengan pihak Taman Nasional Ujung Kulon membuat penangkaran Rusa (Rusa timorensis) nantinya bisa dinikmati oleh Masyarakat Pandeglang. Dengan adanya penangkaran rusa ini nantinya diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan dan wisata sehingga orang tidak perlu repot-repot untuk datang ke Taman Nasional Ujung Kulon selain sebagai upaya pelestarian jenis satwa elok ini. Oleh karena itu perlu dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengetahuan dan Teknologi Penangkaran Satwa Rusa ini, sehingga diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dan teknologi penangkaran rusa serta memacu produktivitas demplot penangkaran rusa yang ada” demikian disampaikan Bupati Pandeglang pada acara Pembukaan Sosialisasi Pengetahuan dan Teknologi Penangkaran satwa rusa di Pendopo Kabupaten Pandeglang hari Selasa (19/01)

“Dinegara-negara maju Rusia ini selain sebagai termasuk satwa eksotis untuk kepentingan wisata dan pendidikan juga dibudidayakan sebagai bahan konsumsi, sumber bahan makanan alternatif. Beberapa ahli satwa maupun peternak meyakini bagian-bagian jenis satwa tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein hewani, dagingnya sebagai steak rendah kolesterol, kulitnya berkualitas tinggi dan tanduknya dapat sebagai bahan obat-obatan” lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Bupati Pandeglang dan dihadiri oleh Kepala Puslitbang Hutan dan Konservasi Alam Dephut Ir. Adi Sismianto, M.Sc, Kepala Balai TNUK Ir. Agus Priambudi, M.Sc, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Banten Ir. H.M. Yanuar MP, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Drs. Taufik Hidayat dan peserta sosialisasi Pengetahuan dan Teknologi Penangkaran satwa rusa.

Dalam kesempatan ini Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Balai TNUK (Ir.Agus Priambudi, MSc) dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Drs. Taufik Hidayat, M.Si) dan CAS Water Park Cikole (H. Mulyadi) tentang Pengembangan Satwa Rusa Timor diluar kawasan Taman Nasional Ujungkulon. Dilanjutkan dengan Penandatanganan Kontrak Perjanjian Kerjasama Kepala Seksi Pengelolaan TNUK Wilayah III Sumur (Dana Sondjaya BScF) dengan Medic Veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Drh. Tri Subekti) dan Kontrak Perjanjian Kerjasama antara Manajer Kampung Flora dan Fauna CAS Water Park Cikole H.Mulyadi dengan Kepala Puskeswan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh. Dyah Lukitaningsih.

Acara ini diakhiri dengan peninjauan langsung terhadap lokasi penangkaran rusa yang berada di CAS Water Park Cikole.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s