Kunker Kec. Cadasari


Humas – Pandeglang (15/01)

PERS REALESE :

KUNJUNGAN KERJA BUPATI PANDEGLANG DI CADASARI

Konsep pengembangan Posyandu kedepan harus terus ditingkatkan, Posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan dasar di level bawah harus tetap memperhatikan konsep “kembang”, apa yang terjadi sekarang adalah POSYANDU terlalu fokus pada konsep “Tumbuh” dalam arti Posyandu hanya melayani kegiatan-kegiatan bagaimana caranya Balita bisa tumbuh (penimbangan, imunisasi dsb), kegiatannya tidak dilanjutkan dengan bagaimana caranya seorang Balita bisa berkembang dengan sehat baik fisik maupun daya pikirnya” demikian dijelaskan Dr. W. Rizal seorang dokter yang saat ini bertugas di Puskesmas Desa Kaungcaang Kecamatan Cadasari disela-sela kegiatan peletakan batu pertama pembangunan POSYANDU PLUS di Kampung Parasi Jum’at (14/01).

Konsep Posyandu yg fokus terhadap kegiatan-kegiatan “TUMBUH – KEMBANG” ini, oleh Dr. W. Rizal diberi nama “Posyandu Plus”. Ide dasarnya adalah bagaimana caranya Posyandu sebagai tempat pelayanan kesehatan, bisa juga berfungsi sebagai tempat untuk mengembangkan kecerdasan bahkan kalau mungkin bisa juga ditempatkan sebagai sarana pengembangan ekonomi masyarakat” lanjutnya. Posyandu yang selama ini dibangun dilahan yg relatif kecil seharusnya mulai dirubah, sehingga mampu menyediakan ruang untuk tempat belajar anak-anak dengan menyediakan sarana Ruang Baca.

“Saya berharap apa yang sedang dia dan teman-temannya upayakan ini, bisa menjadi “pilot project” bagi pengembangan-pengembangan Posyandu ditempat lain. Selain itu juga sy berharap kepada Lembaga2 Swadaya Masyarakat yang “concern” dan peduli terhadap kesehatan masyarakat dapat membantunya, dengan mulai membantu Posyandu dengan istilah “Posyandu Plus Binaan” lanjutnya.

Kunjungan kerja Bupati Pandeglang H.Erwan Kurtubi yang rencananya untuk meletakan batu pertama pembangunan plus ini, akhirnya diperpanjang sampai dengan Shalat Jum’at bersama masyarakat Kp. Parasi Desa Kaungcaang Cadasari. Hadir pada kegiatan tersebut selain Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi dan Dr. W Rizal juga Ketua TP-PKK Kabupaten Pandeglang H.Erna Erwan didampingi ibu-ibu PKK dari Pokja III, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Enan Tosin, Camat Cadasari, Kepala Bagian Perekonomian Fahmi Ali Sumanta, Kepala Bagian Humas Encep Suryadi, Kepala Desa Kaungcaang serta tokoh masyarakat dan masyarakat Kp.Parasi Desa Kaungcaang Cadasari.

Setelah selesai Peletakan Batu Pertama, Bupati Pandeglang turut menyumbangkan bantuan uang untuk pembangunan posyandu ini yang dilanjutkan dengan meninjau sumber mata air “Sumur Pacung”. Menurut Dr.W. Rizal dirinya dan kawan-kawan telah berhasil melaksanakan Jambanisasi dikampung ini, proses selanjutnya adalah sedang diupayakan bagaimana caranya masyarakat Kampung ini bisa mendapatkan air bersih yang cukup guna kebutuhan sehari-hari, dan sumber mata air ini adalah salah satu sumber mata air yg sangat vital bagi masyarakat disekitar ini. Oleh karena itu ia berharap Pemerintah Daerah bisa memfasilitasinya dengan mengadakan kegiatan Pipanisasi didaerah ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Shalat Jum’at bersama masyarakat Kampung Parasi di Mesjid Jami Nurul Islah. Usai shalat Jum’at Bupati Erwan Kurtubi menyerahkan bantuan kepada DKM Mesjid Jami Nurul Islah berupa Kain Kafan dan Uang untuk kebutuhan kegiatan DKM, dan dari salah seorang anggota Kelompok Tani di kampung ini pun menyerahkan sebuah Golok yang diserahkan langsung kepada Bupati Erwan Kurtubi.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s