Kontes Kadu / Durian


KONTES BUAH UNGGULAN LOKAL DURIAN / KADU

KABUPATEN PANDEGLANG

“Kegiatan ini ditujukan untuk melestarikan varietas lokal Tanaman Durian di Kabupaten Pandeglang” demikian disampaikan Drh. H. Cahyan Sofyadi, M.Sc. MM Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pandeglang pada acara Kontes Buah Unggulan Lokal Kabupaten Pandeglang di Pendopo Hari Senin tanggal 11 Januari 2010.

“Kontes ini diikuti oleh 25 Petani dan menampilkan 43 Varietas dari 5 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, kriteria yang dinilai diantaranya Warna dan Aroma serta konsistensi Daging dan buah” lanjutnya. Hal ini selain ditujukan untuk mencari varietas terunggul juga akan menetapkan buah durian lokal terbaik.

Sementara itu Ir. H. Agus Tauhid M.Si Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Banten mengatakan bahwa di Pandeglang terdapat kurang lebih 500 daerah/kampung yang menggunakan awalan Kadu. Hal ini membuktikan bahwa Pandeglang merupakan daerah potensial untuk tanaman kadu. Ini dibuktikan dengan Pandeglang mampu menghasilkan varietas kadu yang pernah menjadi juara I Tingkat Nasional untuk kontes Tanaman Lokal yang diperoleh oleh KADU SIBOBOKO dari kecamatan Cadasari dan Juara II diperoleh oleh KADU SILODONG. “Ancaman terhadap tanaman kadu di Pandeglang bukanlah disebabkan oleh Hama atau Penyakit Tanaman melainkan oleh ancaman Senso atau mesin gergaji, oleh karena itu perlu peran serta masyarakat terhadap kelestarian tanaman kadu di Pandeglang” ujarnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Drs. H. Erwan Kurtubi, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa “Pandeglang sebagai daerah potensial pertanian harus bisa mengembalikan citra-nya sebagai daerah penghasil penghasil Buah-buahan terdepan di Provinsi Banten”. Masyarakat harus ikut berperan serta dalam pelestarian tanaman-tanaman unggulan lokal Pandeglang sebagai langkah konkrit dalam melestarikan tanaman lokal khas Pandeglang.

Dalam kegiatan ini ditampilkan 24 Varietas buah kadu dari 4 kecamatan di Kabupaten Pandeglang diantaranya Durian Polisi, Durian si Jaga Tamu, Durian si Putri, Durian empeng, Durian si Balimbing, Durian Australi, Durian si Lodong, Durian si Dukuh, Durian si Bayawak, Durian si Pecut, Durian si Mersy, Durian si Purut, Durian si Kebo, Durian si Kalahan, Durian Peuteuy, Durian Kelepon, Durian Kampung, Durian Yahut, Durian si Bokor, Durian si Jabrig, Durian si Rampayak, Durian si Gajah, Durian si Radio, Durian si Koneng, Durian si sepah, Durian si Layung dan Durian si Preti.

Juara I dikontes ini diraih oleh Bapak Jamaludin dari Kp. Gayam Cadasari dgn kadunya Duren si Radio berhak memperoleh Televisi 14 Inci dan sebuah HP, Juara II berhak diraih oleh Durian si Seupah milik Ading Kp. Cipacung Majasari berhak memperoleh sebuah Radio dan HP, dan Juara III diraih oleh Durian si Jabrig milik H. Ashari kp. Cengkel Kelurahan Talaga Majasari dan sebagai Buah Durian terunik diraih oleh Durian si Batu milik Sanusi dari Giripawana Mandalawangi masing-masing berhak memperoleh Kipas Angin dan HP. Sedangkan untuk peserta yg berhasil meraih 10 Besar diberikan juga piagam dan Bingkisan dari Panitia.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s