PROFIL DAERAH

GAMBARAN UMUM KABUPATEN PANDEGLANG


Alun-alun Pandeglang di Pagi Hari

KABUPATEN PANDEGLANG merupakan salah satu dari 6 Kabupaten/Kota di Provinsi Banten yang berada di ujung Barat Pulau Jawa.

Secara geografis terletak antara 6º21’-7º10’ Lintang Selatan dan 104º48’- 106º11’ Bujur Timur, memiliki luas wilayah 2.747 Km2 (274.689,91 ha), atau sebesar 29,98% dari luas Provinsi Banten dengan panjang pantai mencapai 307 km.

Peta Provinsi Banten

Secara administratif dibagi menjadi 322 Desa, 13 Kelurahan
dan 35 Kecamatan, dengan batas-batas administrasi :
1. Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Serang;
2. Sebelah Barat berbatasan dengan Selat Sunda;
3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia;
4. Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Lebak.

Secara geologi, wilayah Kabupaten Pandeglang termasuk kedalam zona Bogor yang merupakan jalur perbukitan.

Sedangkan jika dilihat dari topografi daerah Kabupaten Pandeglang memiliki variasi ketinggian antara 0 – 1.778 m di atas permukaan laut (dpl).

Pantai Carita di pagi hari..

Sebagian besar topografi daerah Kabupaten Pandeglang adalah dataran rendah yang berada di daerah Tengah dan Selatan yang memiliki luas 85,07% dari luas keseluruhan Kabupaten Pandeglang.

Panorama Indah dari Desa Talagasari Kecamatan Saketi

Kedua daerah ini ditandai dengan karakteristik utamanya adalah ketinggian gunung-gunungnya yang relatif rendah, seperti Gunung Payung (480 m), Gunung Honje (620 m), Gunung Tilu (562 m) dan Gunung Raksa (320 m). Daerah Utara memiliki luas 14,93 % dari luas Kabupaten Pandeglang yang merupakan dataran tinggi, yang ditandai dengan karekteristik utamanya adalah ketinggian gunung yang relatif tinggi, seperti Gunung Karang (1.778 m), Gunung. Pulosari (1.346 m) dan Gunung Aseupan (1.174 m).

Kesejukan di daerah Pandeglang Utara

Suhu udara di Kabupaten Pandeglang berkisar antara 22,5 0C – 27,9 0C. Pada daerah pantai, suhu udara bisa mencapai 22 0C – 32 0C, sedangkan di daerah pegunungan berkisar antara 18 0C – 29 0C. Kabupaten Pandeglang memiliki curah hujan antara 2.000 – 4.000 mm per tahun dengan rata-rata curah hujan 3.814 mm dan mempunyai 177 hari hujan rata-rata per tahun serta memiliki tekanan udara rata-rata 1.010 milibar.

Iklim di wilayah Kabupaten Pandeglang dipengaruhi oleh Angin Monson (Monson Trade) dan Gelombang La Nina atau El Nino (Banten Dalam Angka, 2004). Saat musim penghujan (Nopember-Maret) cuaca didominasi oleh Angin Barat (dari Samudra Hindia sebelah Selatan India) yang bergabung dengan angin dari Asia yang melewati Laut Cina Selatan.

Pada musim kemarau (Juni-Agustus), cuaca didominasi oleh Angin Timur yang menyebabkan Kabupaten Pandeglang mengalami kekeringan, terutama di wilayah bagian Utara, terlebih lagi bila berlangsung El Nino.

Daerah rawa di Citeureup

Ditinjau dari segi geologinya, Kabupaten Pandeglang memiliki beberapa jenis bebatuan, diantaranya :

  1. Alluvium, terdapat di daerah gunung dan pinggiran pantai;
  2. Undiefierentiated (bahan erupsi gunung berapi), terdapat di daerah bagian utara tepatnya di daerah Kecamatan Labuan, Jiput, Mandalawangi, Cimanuk, Menes, Banjar, Pandeglang dan Cadasari;
  3. Diocena, terdapat di daerah bagian Barat, tepatnya di kecamatan Cimanggu dan Cigeulis;
  4. Piocena Sedimen, di bagian Selatan di daerah kecamatan Bojong, Munjul, Cikeusik, Cigeulis, Cibaliung dan Cimanggu;
  5. Miocene Limestone, disekitar Kecamatan Cimanggu bagian utara;
  6. Mineral Deposit, yang terbagi atas beberapa mineral, yaitu :
  • Belerang dan sumber air panas di Kecamatan Banjar ;
  • Kapur/karang darat dan laut di Kecamatan Labuan, Cigeulis, Cimanggu, Cibaliung, Cikeusik dan Cadasari;
  • Serat batu gift, terdapat di Kecamatan Cigeulis.

Jenis tanah yang ada di Kabupaten Pandeglang dapat dikelompokan dalam beberapa jenis dengan tingkat kesuburan dari rendah sampai dengan sedang.

Diantara jenis tanah tersebut adalah :

  • Alluvial, terdapat di Kecamatan Panimbang, Sumur, Cikeusik, Pagelaran, Picung, Labuan dan Munjul;
  • Grumosol, yang tersebar di Kecamatan Sumur dan Cimanggu;
  • Regosol, terdapat di Kecamatan Sumur, Labuan, Pagelaran, Cikeusik dan Cimanggu;
  • Latosol, terdapat di sekitar Gunung Karang, Kecamatan Pandeglang, Saketi, Cadasari, Banjar, Cimanuk, Mandalawangi, Bojong, Menes, Jiput, Labuan dan Sumur;
  • Podsolik, terdapat di Kecamatan Labuan, Menes, Saketi, Bojong, Munjul, Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu, Cigeulis, Sumur, Panimbang dan Angsana.

Sungai Cilemer

Kabupaten Pandeglang dialiri oleh 18 aliran sungai dengan panjang total 835 km. Sungai-sungai tersebut dikelompokan ke dalam 2 (dua) Satuan Wilayah Sungai (SWS), yaitu SWS Ciujung dan SWS Ciliman.

Kembali ke : Halaman Pertama

15 Balasan ke PROFIL DAERAH

  1. J. Sukmawijaya berkata:

    di tampilkan juga potensi-potensi sektor bidang pertambangan dan energinya. terimakasih

  2. kresna berkata:

    adamin yang saya hormati, saya punya masukan:
    untuk memerikan gambaran yang lebih infomatif tentang tanah dan geologi, akan lebih baik jika ditampilkan juga peta tanah dan peta geolginya..

    mohon ditanggapi

    terimakasih

  3. Iim Mulyana berkata:

    Oke, Kresna terima kasih untuk kunjungannya, saat ini sy sedang mencari bahan-bahan yang diperlukan tentang data-data tersebut, mudah-mudahan setelah terkumpul, saya bisa post disini…. Target saya mudah2an blog ini bisa menjadi data base tentang potensi dari seluruh sektor yang ada…. thanks for your visit….

  4. mujijah berkata:

    Kang Iim , saya minta tolong dimuat juga daerah-daerah sentra pertanian dan tanaman sayurannya ya..?mkaciiiiih…, walo saya ad didaerah itu tp sy blm tahu banyak gitu lo…!

  5. nurul fadlillah berkata:

    request sy sm dg yang diatas,, potensi2 pertanian di kab pandeglang spt apa,, wlo sy tidak lahir dan tinggal di pandeglang tp keluarga besar sy d pandeglang smua,,dan sy jd tertarik dg pandeglang,,,

  6. Indra N berkata:

    wah Kalo bisa sekalian dengan profil per kecamatan atw desa…jd kalo ada investor kan bisa langsung melihat kondisi secara objektif atau bisa menyalurkan bantuan secara tepat guna…thanks

  7. iya mungkin saya setuju dengan Indra N,,,,,,,kalau di tampilkan per kecamatan atw desa,,,,,bisa melihat perkembangan,,,,desa2 nya,,,,,

  8. inda Syafridah berkata:

    Ass,, Boleh reques jan?… Saya ingin tau nama hulu sungai dikabupaten pandeglang..

  9. assalamualaikum bang iim. ini hanya sekedar namanya ci hulu di kampung saya juga ada mata air mengandung sedikit asam campur bau belerang dikit mata air itu sumber irigasi penduduk setempat pokonya bagus deh tetapi tidak di perjual belikan karna mata air ini punya penduduk setempat. salam kenal.

  10. assalamualaikum bang iim. ini hanya sekedar namanya ci hulu di kampung saya juga ada mata air mengandung sedikit asam campur bau belerang dikit mata air itu sumber irigasi penduduk setempat pokonya bagus deh tetapi tidak di perjual belikan karna mata air ini punya penduduk setempat dan sekitarnya kampung cangkuliang kadulisung orang tua dahulu menamainya ci hulu. salam kenal.

  11. iiandipandeglang berkata:

    pulau palimbang,palau ujung kulon tanjung lesung pandeglang

  12. iiandipandeglang berkata:

    ii andi suhardi
    Jl parakan kp.ci dampit rt 01/01 AL-HALIM
    Kel manggung jaya kec bojong kab pandeglang
    Tempat H.Raisyudin alm
    DRS.H AEP ZUNAEDI S.PD halo banten

  13. iiandipandeglang berkata:

    pantai pandeglang
    Pulau palimbang,pulau peucang,pulau tanjung lesung,pulau ujung kulon,pulau mutiara carita dan pulau kapal kecil kayu labun bagus gunung gunung jalan jalan di sekarang anyer terima kasih

  14. Della Abdullah berkata:

    Kalau bisa juga ditampilkan profil kependudukan dan profil kesehatannya, terutama pemberian obat program misalnya vit. A untuk bayi dan balita serta ibu hamil, selain itu juga pil tambah darah (Fe)

  15. rahmatullah thahir berkata:

    admin, yg tercinta, tolong tampilkan berbagai potensi yg dapat dikembangkan untuk memeberikan dan membangkitkan gairah berinvestasi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s