PERBUP Tentang PAKAIAN DINAS mulai diberlakukan


Humas – Pandeglang (22/02)

PRESS REALESE :

PERBUP Tentang PAKAIAN DINAS mulai diberlakukan

Bupati saat Upacara Hari Kesadaran Nasional

PANDEGLANG, Mulai hari ini PNS selain Camat dan Lurah, TKK dan TKS di Jajaran Pemerintah Kabupaten Pandeglang sudah tidak menggunakan Tanda Pangkat lagi, hal ini ditandai dengan diterbitkannya Peraturan Bupati Pandeglang Nomor 6 Tahun 2010 tentang Pakaian Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Tujuan ditetapkannya Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil adalah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan, memperkuat jiwa persaudaraan sehingga dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan dikalangan pegawai serta untuk menanamkan dan mengembangkan kesadaran disiplin kerja serta patuh terhadap peraturan yang telah ditetapkan.

Hal ini disambut dengan antusias oleh para pegawai, menurut mereka pengaturan tentang tata cara berpakaian dinas sudah selayaknya mengacu kepada peraturan yang lebih tinggi ujarnya. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 60 Tahun 2007 tentang Pakaian Dinas dilingkungan Departemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2009 bisa menjadi acuan dalam penetapan Pakaian Dinas Pegawai Negeri Sipil di daerah.

Pakaian Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang adalah Pakaian Dinas Harian (PDH) yang terdiri dari PDH Perlindungan Masyarakat (LINMAS), PDH Warna Kaki dan PDH Batik  atau Busana Takwa, Pakaian Sipil Harian (PSH),  Pakaian Sipil Resmi (PSR), Pakaian Sipil Lengkap (PSL), seragam batik KORPRI, Pakaian Dinas Harian Camat dan Lurah, Pakaian Dinas Upacara Camat dan Lurah disingkat PDU dan Pakaian Olah Raga.

PDH Linmas Pria adalah Kemeja lengan pendek berlidah bahu, warna hijau Linmas, Celana Panjang Warna Hijau Linmas dan Ikat Pinggang Nilon/Kulit berlogo Linmas, kaos kaki dan sepatu Pantovel semua warna hitam. Sedangkan untuk PDH Linmas untuk wanita terdiri dari Baju Lengan Panjang, berlidah bahu atau kerah leher model shanghai tertutup warna hijau linmas, Rok Panjang atau Celana Panjang warna hijau Linmas, sepatu pantovel warna hitam, PDH Linmas dan untuk wanita hamil menyesuaikan.

PDH Warna Khaki Pria adalah kemeja lengan pendek, berlidah bahu, warna khaki dengan celana panjang warna khaki dan ikat pinggang nilon atau kulit berlogo KORPRI, kaos kaki dan sepatu pantovel semua warna hitam, sedangkan untuk PDH Warna Khaki untuk wanita adalah Baju lengan panjang, berlidah bahu atau kerah leher model shanghai tertututp warna khaki, rok panjang atau celana panjang warna khaki, sepatu pantovel warna hitam sedangkan warna khaki untuk wanita hamil menyesuaikan.

PDH Batik Pria adalah kemeja batik lengan pendek dengan celana panjang warna hitam dan ikat pinggang nilon atau kulit, kaos kaki dan sepatu pantovel semuar warna hitam. Sedangkan PDH Batik untuk wanita adalah baju batik lengan panjang dengan rok panjang atau celana panjang warna hitam dengan sepatu panthovel warna hitam.

Busana Takwa Pria adalah busana atau baju takwa lengan panjang dengan celana panjang dan peci kopiah hitam, sedangkan unutk Busana Takwa Wanita terdiri dari Busana Takwa lengan panjang dengan celana panjang atau rok panjang dan jilbab warna putih.

PDH Camat dan Lurah adalah kemeja lengan pendek berlidah bahu warna khaki dengan celana panjang warna khaki dan Ikat Pinggang Nilon, atau kulit, kaos kaki, sepatu warna hitam, tanda jabatan dan tanda pangkat, sedangkan untuk Camat dan Lurah Wanita menggunakan Baju lengan Panjang Warna Khaki, Celana Panjang atau Rok Panjang Warna Khaki dengan sepatu hitam, tanda jabatan dan tanda pangkat.

PSH Pria terdiri dari Jas Lengan Pendek dan Celana Panjang warna sama dengan leher berdiri dan terbuka, tiga saku, satu atas kiri dan dua bawah kanan dan kiri disertai kancing lima buah. Sedangkan PSH Wanita menggunakan Jas lengan panjang dan rok panjang / celana panjang dengan warna sama, leher berdiri dan terbuka, tiga saku,  satu atas kiri dan dua bawah kanan dan kiri disertai kancing lima buah.

PSR Pria terdiri dari Jas Lengan Panjang dan Celana Panjang Warna sama dengan leher berdiri dan terbuka, tiga saku, satu atas kiri dan dua bawah kanan dan kiri disertai kancing lima buah. Sedangkan PSR Wanita menggunakan Jas lengan panjang dan rok panjang / celana panjang dengan warna sama, leher berdiri dan terbuka, tiga saku,  satu atas kiri dan dua bawah kanan dan kiri disertai kancing lima buah.

PSL digunakan untuk menghadiri upacara-upacara resmi kenegaraan atau bepergian resmi keluar negeri. PSL Pria berupa jas warna gelap, celana panjang warna sama dan kemeja dan dasi. Sedangkan PSL Wanita berupa Jas Warna Gelap, rok Panjang warna sama den Kemeja dan berdasi.

Pakaian Batik KORPRI Pria dengan ketentuan : kerah leher berdiri dan terbuka, lengan panjang dengan manset, saku dalam 1 (satu) buah diatas sebelah kiri, celana panjang dengan ketentuan warna biru tua model saku samping lurus dan saku belakang 1 (satu) buah tertutup, lebar bawah minimal 22 cm dan sepatu warna hitam dan peci polos tidak bermotif dengan tinggi 10 cm. Sedangkan untuk pakaian batik KORPRI Wanita berupa kemeja batik KORPRI dengan ketentuan kearah leher model shanghai tertutup, lengan panjang 2 (dua) kancing tanpa manset, saku dalam 2 (dua) buah di sebelah kiri  kanan bawah tertutup, rok atau celana panjang warna biru tua dengan model disesuaikan, sepatu dan jilbab warna hitam.

PDU Camat dan Lurah untuk Pria berupa Kemeja Warna Putih, Dasi Warna Hitam polos dan Jas Warna Putih dengan Kancing Warna Kuning Emas, Celana Panjang Warna Putih dan Kaos kaki dan Sepatu Kulit semua warna Hitam. Sedangkan PDU Camat dan Lurah untuk Wanita berupa Kemeja Warna Putih, dasi warna hitam polos dan jas warna putih dengan kancing warna kuning emas, rok warna putih panjang dan sepatu pantovel warna hitam.

Pakaian Olahrga Pria berupa kaos lengan pendek berlogo Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan celana panjang olah raga, sedangkan untuk Pakaian Olahraga wanita berupa kaos lengan panjang berlogo Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan Celana Panjang Olahraga.

Adapun Atribut Pakaian Dinas terdiri dari : Tutup Kepala, Tanda Pangkat, Tanda Jabatan, Lencana Korpri, Tanda Jasa, Papan Nama, Nama Departemen Dalam Negeri, Nama Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Lambang Departemen Dalam Negeri, Lambang Daerah Kabupaten Pandeglang dan Tanda Pengenal. Untuk tanda pangkat sebagaimana dimaksud diatas adalah untuk menunjukan tingkat dalam status selaku Camat dan Lurah saja, yang terdiri dari Tanda Pangkat Harian yang terbuat dari bahan dasar kain dan logam, warna kuning emas dan Tanda Pangkat Upacara yang terbuat dari bahan dasar kain dan logam yang dipakai diatas bahu kiri dan kanan.

Sedangkan Jadwal Penggunaan Pakaian Dinas untuk PDH Linmas dipakai untuk melaksanakan tugas setiap hari Senin serta pada hari-hari lainnya yang diwajibkan kepada para pegawai untuk memakainya. PDH Warna Khaki digunakan setiap hari Selasa dan Rabu serta pada hari-hari lainnya yang diwajibkan kepada para pegawai untuk memakainya, PDH Batik digunakan pada hari Kamis sedangkan Pakaian Batik Lengan Panjang dipakai pada acara resmi yang dilaksanakan pada malam hari sedangkan  Busana Takwa dipakai untuk hari Jum’at. (iim-humas)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s